Lihat ke Halaman Asli

Komitmen Tingkatkan Kualitas Produk UMKM, Kelompok 40 KKN-T MBKM UPN “Veteran” Jatim Adakan Sosialisasi Pentingnya Branding dan Desain Kemas untuk Para Pelaku UMKM di Kelurahan Pakal

Diperbarui: 30 Mei 2022   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

SURABAYA – Kelompok 40 KKNT-MBKM asal Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur telah menyelenggarakan Seminar Peningkatan Kualitas Produk UMKM, dengan Tema “Strategi Membangun Brand Image Produk & Meningkatkan Kualitas Packaging” untuk masyarakat umum khususnya para pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Pakal, Surabaya. Kegiatan ini merupakan salah satu dari rangkaian program kerja Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan skema kewirausahaan dan ekonomi kreatif yang memiliki tujuan agar masyarakat dapat memiliki brand image (logo, motto, tagline) yang kuat sehingga mampu bersaing dengan kompetitor, serta meningkatkan kreativitas masyarakat Pakal, baik yang sudah memiliki bisnis ataupun yang hendak merintis bisnis dalam memilih packaging atau kemasan yang menarik dan berkualitas sehingga memiliki ciri khas tersendiri terhadap produk yang dipasarkan. Kegiatan ini telah dilaksanakan secara offline pada hari Sabtu, 21 Mei 2022, di Balai Kelurahan Pakal yang beralamat di Jl. Pakal AMD Surabaya.

Dalam kegiatan ini narasumber yang berasal dari dosen DKV UPN “Veteran” Jatim, Aninditya Daniar, S.Sn., M.Sn. dan Aileena Solicitor C.R.E.C., S.T., M.Ds. menyampaikan terkait pentingnya strategi membangun Brand Image Produk & meningkatkan kualitas Desain Kemasan. Proses branding merupakan cara untuk mengkomunikasikan pesan dari suatu produk bisnis yang dipasarkan kepada para konsumennya. Sedangkan pemilihan desain pada kemasan yang tepat berfungsi sebagai identitas bagi produk, melindungi dan mengawetkan produk, serta menjaga bumi dengan menggunakan kemasan yang ramah lingkungan dan mudah didaur ulang. Keduanya diyakini penting untuk suatu produk agar berdaya saing sehingga mampu diterima pasar luas, menarik perhatian pembeli, dan bisa go-online.

Dengan telah terselenggarakannya kegiatan ini diharapkan para pelaku UMKM di wilayah Kelurahan Pakal mampu meningkatkan kualitas produk agar dapat diterima di pasar luas yang secara tidak langsung mempengaruhi tingkat penjualan sebagai suatu cara pemulihkan perekonomian masyarakat sekitar. “Saya berterima kasih kepada Ibu Nindi dan Ibu Elin yang sudah sharing banyak sekali ilmu mengeni kemasan dan brand image buat bapak dan ibu pelaku UMKM di sekitar Kelurahan Pakal ini. Kedepannya, besar harapan Saya, setelah diadakannya kegiatan ini, para pelaku UMKM dengan didampingi oleh rekan-rekan mahasiswa KKN dapat mengaplikasikan ilmu yang tadi disampaikan, dan jadi punya brand image produk yang menarik serta desain kemasan yang layak untuk berdaya saing dalam rangka meningkatkan penjualan produk usaha mereka”. Ujar Iswahjudi selaku Lurah Pakal.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline