Lihat ke Halaman Asli

Bangkitkan Green House "My Darling" di RW 04 Beji Rahayu Pakal, KKNT Kelompok 40 UPN "Veteran" Jawa Timur ingin Wujudkan Kampung Hidroponik

Diperbarui: 15 April 2022   10:05

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto Bersama Warga RW 04 Kelurahan Pakal

SURABAYA---Kelompok 40 KKNT UPNVJT bersama warga RW 04 Kelurahan Pakal berkomitmen untuk membangkitkan pertanian hidroponik di lingkungan sekitar.

Hal ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan aktivitas ekonomi sampingan warga RW 04 yang sempat terhenti dikarenakan adanya bencana alam serta kurangnya pengetahuan tentang teknik pengelolaan tanaman hidroponik itu sendiri.

Pada hari Minggu, 27 Maret 2022, kelompok 40 KKNT UPN "Veteran" Jawa Timur melaksanakan penyuluhan tentang penanaman hidroponik yang dibawakan oleh Pak Artha selaku pemateri kepada warga RW 04. Tujuannya adalah untuk menarik minat warga Beji Rahayu agar turut serta berperan dalam membangkitkan lahan di RW 04 yang merupakan ikon pertanian hidroponik di Kelurahan Pakal.

Kegiatan penyuluhan berjalan dengan lancar dan komunikatif. Hal ini dibuktikan dengan sesi tanya-jawab yang berlangsung seru. "Adanya penyuluhan ini sangat membantu saya dalam menjaring warga untuk turut menghidupkan lahan ini, saya berterima kasih pada adek-adek mahasiswa atas semangat dan antusiasnya. Semoga semangat adek-adek juga turut menular pada warga di RW 04 ini," ujar Pak Ari Cahyono, Ketua RW 04.

Melihat antusiasme warga, Pak Artha selaku pemateri memberikan beberapa peralatan hidroponik dengan harapan sebagai investasi awal warga. "Saya harap dengan beberapa biji ini dapat menjadi awal kebangkitan RW 04 untuk mengembangkan hidroponik. Tidak berhenti sampai setelah acara ini saja, namun untuk terus di olah dan dikembangkan hingga kedepannya, lebih-lebih dapat menjadi aktivitas rutin di RW 04 ini karena saya menilai ini bisa menjadi potensi yang sangat besar bagi warga," pesan Pak Artha selaku pemateri penyuluhan.

Penyuluhan Penanaman Hidroponik merupakan salah satu program kerja kelompok 40 KKNT MBKM UPNVJT di kelurahan pakal. Besar harapan kami agar program ini dapat berjalan dengan lancar selama 3 bulan kedepan serta dapat meningkatkan aktivitas perekonomian warga.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline