Lihat ke Halaman Asli

Komitmen Dorong Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif, Mahasiswa KKN Tematik MBKM UPN Veteran Jatim Siap Dampingi Pengembangan UMKM Unggulan di Kelurahan Pakal

Diperbarui: 11 Maret 2022   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Survei pertama di Pakal pada Rabu (02/03/2022)

SURABAYA- Kuliah Kerja Nyata Tematik MBKM 2022 Kelompok 40 Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur bertekad mendorong ekonomi kreatif masyarakat di Kelurahan Pakal, Kecamatan Pakal, Surabaya. Kegiatan KKN ini dilaksanakan oleh 10 mahasiswa yang dilakukan selama tiga bulan dari tanggal 21 Maret-30 Juni 2022. Dr. Ir. Yenny Wuryandari, MP selaku ketua LPPM mengatakan bahwa pada kegiatan KKN ini mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur melaksanakan berbagai program skema kegiatan. Ibu Yenny juga berharap bahwa kegiatan KKNT dapat mengasah softskill mahasiswa melalui jejaring kemitraan, kerjasama tim lintas disiplin/kemitraan, dan leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan.

Kelompok 40 melakukan perjalanan pertamanya dengan survei lokasi pada Rabu, 2 Maret 2022. Kecamatan Pakal menjadi tujuan pertama untuk meminta perizinan kepada Bapak Bambang Hartono selaku Sekretaris Kecamatan. Perjalanan dilanjutkan ke Kelurahan Pakal menemui Bapak Yudhie selaku Pak Lurah. Pak Yudhie mengizinkan Kelompok 40 untuk melakukan KKN di Kelurahan Pakal. “Di Kelurahan Pakal itu terdapat beberapa UMKM yang berpotensi, mbak mas. Salah satunya itu peternakan sapi perah Momoo.” tutur Pak Yudi. Untuk mengonfirmasi hal tersebut, Kelompok 40 menemui Bu Sri selaku staff kelurahan untuk meminta data UMKM yang ada di Kelurahan Pakal.

Kelompok 40 melanjutkan ke Hutan Kota Pakal menemui Pak Suyatno selaku ketua RW 01. Dengan hanya merogoh kocek 2000 rupiah, pengunjung dapat menemui banyak hal menyenangkan diantaranya wahana bermain anak, wahana bebek air dan banyak pohon cemara yang tumbuh tinggi menjulang sehingga cocok dijadikan spot foto yang instagramable. Hal ini menjadi perhatian bagi kelompok 40 untuk dijadikan sarana dalam memajukan UMKM di Kelurahan Pakal.

“Bagi teman-teman KKN saya selaku ketua RW 01 sangat mengizinkan kalian untuk merubah Kelurahan Pakal ini khususnya di Hutan Kota Pakal menjadi tempat yang kaya akan UMKM sehingga warga-warga disini juga terbantu perekonomiannya terutama saat pandemi Covid-19 ini” pungkas Pak Suyatno.

Dengan adanya tekad, dukungan dan semangat yang kuat dari masyarakat sekitar, maka kelompok 40 akan berusaha memberikan yang terbaik sehingga nantinya hasil dari KKN Tematik MBKM 2022 UPN Veteran Jatim di Kelurahan Pakal ini dapat dinikmati oleh masyarakat dan hasilnya sesuai harapan dari berbagai pihak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline