Lihat ke Halaman Asli

KKNT MBKM 11 CARANGWULUNG

Mahasiswa - KKNT MBKM Kelompok 11

UMKM Susu Perah Jaya Menjadi Produk Unggulan Desa Carangwulung

Diperbarui: 16 Desember 2022   09:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Susu Sapi Perah Jaya Sukses Menjadi Produk Andalan di Desa Carangwulung, tepatnya di Dusun  segunung. Pada dusun tersebut dikenal dengan istilah kampung adat segunung merupakan kampung yang memliki wisata kearifan lokal yang menjaga warisan budaya. Hampir setengah warga banyak yang menjadi peternak susu. KUD susu perah jaya berdiri sejak 10 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1980. Dalam koperasi ini terdapat 45 peternak, setiap pukul 07.00 pagi dan 16.00 sore peternak menyetorkan hasil perahan di koperasi. Dalam produksi ini olahan  10 persen untuk diolah sendiri, lalu sisanya dikirim ke pabrik. Saat ini sudah menjadi produk yang dikenal kalangan masyarakat.

Dokpri

Pada gambar diatas mahasiswa kelompok kknt 11 ikut serta dalam memerah susu sapi,  Bapak Sriawan selaku pemilik ternak sapi sangat antusias dalam menyambut mahasiswa kkn. Pada Koperasi ini terdapat kelompok wanita ternak atau yang disebut Kwt. Kwt tersebut menjadi kumpulan untuk yang mengolah susu hasi perah tadi untuk dijadikan berbagai macam produk. 

Produknya yaitu es krim, susu sapi kemasan botol dengan varian kurma, strawberry, coklat, stick susu dan permen susu. Pada KUD  susu perah jaya juga menerima borongan  pesanan seperti acara hajatan. 

Akan tetapi produk ini masih belum terdaftar pada bpom. Sehingga masih terkendala dengan pemasarannya. KUD ini sudah mengikuti berbagai event dari dinas pariwisata untuk mewakili produk pilihan yang memiliki khas tersendiri dari Jombang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline