Lihat ke Halaman Asli

KKNT KELOMPOK58

UNIVERSITAS PGRI MADIUN

Senam Sehat Lansia: Bentuk Kepedulian KKN-T Kelompok 58 terhadap Lansia Desa Dawuhan

Diperbarui: 9 Februari 2023   07:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok Pribadi

Mahasiswa KKN-T UNIPMA 2023 kelompok 58 melaksanakan kegiatan senam lansia pada hari Minggu (05/02/2023) di kantor Desa Dawuhan. Kegiatan ini merupakan program tambahan kelompok 58 sebagai salah satu kelompok yang terpilih dari program KKN-T Bangga Kencana yang bekerja sama dengan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN). 

Program kerja ini bertujuan untuk meningkatkan kebugaran jasmani bagi lansia di Desa Dawuhan. Pada pelaksanaannya, kelompok 58 bekerja sama dengan kader lansia dan perangkat Desa Dawuhan.

Senam lansia sudah dilaksanakan secara rutin dua minggu sekali yang diadakan oleh kader lansia Desa Dawuhan serta diikuti oleh lansia dari dua dusun. Namun, pada kesempatan ini kelompok 58 yang menjadi pelaksana kegiatan. 

Perbedaan kegiatan ini dari biasanya ialah instruktur senam yang berasal dari kelompok 58, yaitu saudara Aza Arnanda Lazia Putra dan didampingi oleh Ibu Nurul selaku instruktur senam lansia. Senam lansia dilaksanakan mulai pukul 07.00 WIB sampai dengan 10.00 WIB yang diikuti oleh 50 lansia Desa Dawuhan.

Dok Pribadi

Kegiatan senam lansia diawali dengan gerakan pemanasan untuk mencegah terjadinya cedera pada lansia saat kegiatan senam berlangsung. Setelah pemanasan dilanjutkan dengan gerakan inti yang mudah diikuti oleh lansia, akan tetapi tetap memiliki manfaat yang optimal bagi tubuh. 

Sebagai upaya untuk meningkatkan semangat lansia dalam mengikuti kegiatan ini, kelompok 58 melakukan fun dance di sela-sela gerakan inti. Lansia Desa Dawuhan sangat antusias dengan adanya fun dance tersebut. Gerakan fun dance dipandu oleh saudari Aprilisa Rahma Haryana. Setelah gerakan fun dance di akhiri dengan gerakan pendinginan atau cooling down sebagai recovery kondisi setelah senam.

Dok Pribadi

Senam dan fun dance yang berlangsung selama 3 jam begitu menyenangkan, saat matahari mulai meninggi dan musik yang mengiringi senam diperdengarkan, para lansia mengikuti gerakan dengan semangat. 

Tentu banyak sekali manfaat yang didapatkan jika melaksanakan senam terutama bagi lansia seperti terpeliharanya kelenturan tubuh, kesehatan jantung, sistem pernapasan, dan daya tahan tubuh. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline