Lihat ke Halaman Asli

Kegiatan KKN-T Unira Malang dalam Menggali Potensi Desa Rejoyoso

Diperbarui: 25 Januari 2024   18:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Desa Rejoyoso, 14 Januari 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) UNIRA Malang telah melakukan penggalian potensi melalui pihak desa dan kepala dusun yang ada di Rejoyoso. Melalui kolaborasi ini, kami berhasil memperoleh data yang dapat memberikan informasi masyarakat setempat, sekaligus menguatkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan KKN-T merupakan salah satu program yang diadakan oleh LPPM UNIRA Malang untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa dalam menerapkan ilmu yang telah dipelajari di kampus. Dalam pertemuan KKN-T dengan kepala desa, mahasiswa membahas proyek-proyek pengembangan masyarakat dan mendiskusikan upaya kolaboratif untuk meningkatkan kesejahteraan desa, serta berdiskusi tentang apa yang harus dikembangkan dari desa Rejoyoso untuk memanfaatkan sumber daya alam yang ada.

Kami KKN-T kelompok 16 melanjutkan pencarian informasi data-data dari 4 dusun yang ada di Rejoyoso, yaitu Dusun Balong, Dusun Wot Galeh, Dusun Karangsuko, dan Dusun Sukosari. Disini kami mencari informasi sesuai dengan MASPODES (Masalah dan Potensi Desa) yang telah ditentukan oleh LPPM.

Dari hasil analisis yang kami dapatkan, bahwa desa Rejoyoso memiliki potensi cukup memadai dalam pemanfaatan sampah namun dari segi peningkatan kapasitas keterampilan atau keahlian masih kurang memanfaatkan sampah organik. Karena sampah organik memiliki beberapa manfaat antara lain dapat diolah menjadi kompos yang berguna sebagai pupuk organik untuk tanaman serta bisa dimanfaatkan sebagai pakan alternatif berupa maggot (larva lalat). Proses ini membantu mengurangi volume sampah organik dan menciptakan sumber protein yang berguna dalam pertanian dan peternakan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline