Lihat ke Halaman Asli

KKNT Kedurus

Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur

Acara Pembukaan KKN Tematik MBKM Kelompok 04 UPN "Veteran" Jawa Timur di Kelurahan Kedurus, Surabaya

Diperbarui: 31 Maret 2022   10:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Untuk mengawali pelaksanaan KKN Tematik UPN "Veteran" Jawa Timur, pada hari Rabu (30/3) pukul 09.00 WIB Kelompok 04 melaksanakan kegiatan Pembukaan KKN Tematik MBKM Tahun 2022 di kantor Kelurahan Kedurus.

Acara pembukaan ini dihadiri oleh perwakilan dari pihak Kelurahan Kedurus, Ketua Kelompok Tani Sri Rejeki Jitu, Kelompok Wanita Tani Kedurus Asri, Pemilik UMKM Batik Jumput, PIC (Person in Charge), dan DPL (Dosen Pembimbing Lapangan).

sambutan-oleh-bapak-loli-syahruli-rachman-a-md-624523875a74dc26bd7e3142.jpg

Dengan didampingi oleh DPL kelompok, acara pembukaan dimulai dengan sambutan dari Bapak Loli Syahruli Rachman, A.Md. selaku sekretaris dari Kelurahan Kedurus, menyampaikan bahwa selama 3 bulan masa KKN di lapangan, mahasiswa perlu mempunyai target kerja dan diharap bisa memberi masukan kepada kelurahan dan UMKM perihal saran yang bisa diterima oleh masyarakat seperti proses produksi dan pemberdayaan masyarakatnya. Hasil KKN ini diharapkan bukan hanya sekedar hasil yang hanya berjalan saat mahasiswa melakukan KKN saja, tetapi bisa dilanjutkan dan bisa berguna selama kedepan meskipun mahasiswa KKN sudah tidak di Kedurus lagi. Dan diharapkan rencana kerja yang sudah dipersiapkan selama ini bisa di eksekusi dengan baik selama 3 bulan praktik di lapangan.

sambutan-oleh-ibu-kinanti-resmi-hayati-s-hum-m-a-624523a0d223597359625122.jpg

Untuk sambutan selanjutnya disampaikan oleh Ibu Kinanti Resmi Hayati, S.Hum, M.A. selaku DPL (Dosen Pembimbing Lapangan). Beliau menyampaikan bahwa mahasiswa tidak hanya melakukan KKN Tematik saja, tetapi juga harus memiliki minimal 3 program kerja yang harus berhubungan dengan skema kelompok masing-masing. Diharapkan program kerja yang dimiliki oleh Kelompok 04 tidak hanya sekedar memberikan pelatihan atau sosialisasi saja, tetapi dari pelatihan atau sosialisasi tersebut dapat memberikan dampak yang berarti kepada UMKM di Kedurus.

Dalam kesempatan kali ini, Marsetio selaku ketua dari Kelompok 04 KKN Tematik MBKM di Kelurahan Kedurus menyampaikan beberapa program kerja yang akan dilakukan selama masa KKN, diantaranya yaitu sosialisasi mengenai cara bercocok tanam, pelatihan digital marketing dan branding, workshop pembuatan batik jumput, dan mini bazar. Diharapkan program kerja yang akan dilaksanakan oleh Kelompok 04 bisa bermanfaat bagi UMKM di Kedurus dan dapat menjadi pembelajaran bagi Kelompok 04 sendiri.

Setelah penyampaian sambutan-sambutan, acara pembukaan dilanjutkan dengan pemaparan program kerja dari masing-masing penanggung jawab kelompok, yang terdiri dari PJ Pengembangan Produk UMKM, PJ Manajemen UMKM, PJ Branding UMKM, PJ Launching dan Pemasaran UMKM, PJ Dokumentasi, dan PJ Luaran. Tujuan dari pemaparan ini agar masyarakat dapat mengetahui program kerja apa saja yang akan dilaksanakan oleh mahasiswa selama masa KKN di Kelurahan Kedurus.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline