Lihat ke Halaman Asli

KKN Undip Doro

TIM I KKN Undip Desa Doro 2024

Mahasiswa Matematika KKN TIM 1 UNDIP Membuat Infografis Penduduk sebagai Penunjang Keputusan Perangkat Desa

Diperbarui: 15 Februari 2024   11:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Doro, Pekalongan -- Mahasiswa Matematika KKN TIM I UNDIP membuat infografis penduduk berdasarkan pendidikan, profesi, dan agama. Infografis penduduk didasarkan pada data populasi penduduk Desa Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan, Jawa Tengah.

Di Desa Doro belum terdapat informasi tambahan terkait kependudukan yang dapat digunakan untuk menunjang keputusan beberapa tahun mendatang. Hal tersebut menjadi sesuatu yang penting untuk pihak perangkat desa. Oleh karena itu, mahasiswa KKN TIM I UNDIP memutuskan membuat infografis penduduk untuk memberikan tambahan informasi kependudukan di Desa Doro serta memberikan pemahaman kepada perangkat desa akan pentingnya proyeksi penduduk.

Kegiatan pembuatan infografis penduduk bertujuan untuk melihat bagaimana komposisi penduduk dan juga jumlah penduduk Desa Doro. Pembuatan infografis penduduk melewati beberapa tahapan yang meliputi survei dan pengumpulan data, kemudian melakukan pengolahan data, dan yang terakhir yaitu pembuatan infografis penduduk. Infografis penduduk disajikan dalam bentuk media poster yang berisi uraian singkat hasil proyeksi penduduk. Hal itu bertujuan agar nantinya hasil proyeksi bisa ditempatkan di tempat umum, sehingga warga desa yang berkunjung ke balai desa dapat melihat dan ikut mendapatkan informasi terkait komposisi penduduk di desanya.

Data populasi penduduk Desa Doro pada tahun 2023 yaitu 1176 Kartu keluarga dan penduduk sebanyak 4527 jiwa yang terdiri atas jumlah penduduk laki-laki sebanyak 2218 jiwa dan jumlah penduduk perempuan sebanyak 2309 jiwa.

Hasil proyeksi penduduk yang berupa poster ini kemudian diserahkan kepada kepala desa Doro. Pihak perangkat desa sangat berterima kasih atas pemberian modul tersebut. Diharapkan dengan adanya poster proyeksi penduduk, dapat memberikan referensi dan bahan pertimbangan pihak perangkat desa dalam memutuskan dan membuat perencanaan pembangunan desa seperti penyediaan bantuan pangan, fasilitas, program kerja desa dan lain-lain. Serta dapat memberikan informasi tambahan terkait kependudukan kepada warga desa yang berkunjung ke balai desa.

Penulis : Fadilla Febrianti

KKN TIM 1 UNIVERSITAS DIPONEGORO

Lokasi : Desa Doro, Kecamatan Doro, Kabupaten Pekalongan

Dosen Pembimbing : Ojo Kurdi, S.T., M.T., Ph.D.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline