Lihat ke Halaman Asli

KKN TIM1

UNIVERSITAS DIPONEGORO

KKN TIM 1 UNDIP Menghadirkan Inovasi HIDROPOWICK: Meningkatkan Produktivitas untuk Kelompok Wanita Tani Tunas Lestari Jaya Bulakan

Diperbarui: 28 Januari 2024   00:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN Tim 1 UNDIP Bulakan, Sukoharjo

Dalam upaya mendorong pertumbuhan pertanian berkelanjutan dan memberikan dampak positif bagi warga lokal, Mahasiswa Kelompok Kuliah Kerja Nyata (KKN) TIM 1 Universitas Diponegoro (UNDIP) tahun ajaran 2023/2024 menciptakan gebrakan baru dalam pengembangan pertanian dengan memperkenalkan program HIDROPOWICK kepada Kelompok Wanita Tani (KWT) Tunas Lestari Jaya Kelurahan Bulakan.

Program ini bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dalam bentuk inovasi menggunakan metode hidroponik sumbu Wick yang diharapkan mampu menghasilkan produk untuk yang unggul dan berpotensi sebagai bahan penunjang makanan tambahan dalam mencegah stunting di Kelurahan Bulakan.

HIDROPOWICK menggunakan media tanam berupa rockwool dan nutrisi AB Mix untuk menyuplai air dan nutrisi langsung ke akar tanaman serta wadah tanaman berupa botol mineral bekas. Sistem ini dinilai sederhana, mudah diakses, dan ramah lingkungan. Keunggulan HIDROPOWICK terletak pada penggunaan air yang efisien dan kemampuannya beradaptasi dengan berbagai jenis tanaman.

Dalam pelaksanaannya, Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP 2023/2024 mengadakan pelatihan intensif mengenai konsep HIDROPOWICK dan memberikan panduan praktis tentang pembuatan sistem hidroponik ini. Proses ini melibatkan partisipasi aktif anggota KWT Tunas Lestari Jaya Bulakan yang antusias menerima inovasi ini sebagai solusi untuk meningkatkan hasil panen mereka.

Selain itu, mahasiswa membantu dalam pemasangan dan pemeliharaan sistem HIDROPOWICK di lahan perkebunan milik KWT setempat. Mereka memberikan dukungan teknis yang diperlukan dan memastikan bahwa anggota kelompok memiliki pengetahuan yang cukup untuk melanjutkan praktik hidroponik ini secara mandiri.

KKN Tim 1 UNDIP Bulakan, Sukoharjo

Anggota KWT Tunas Lestari Jaya Bulakan memberikan apresiasi dan respon positif terhadap HIDROPOWICK, mereka mengakui manfaatnya terkait efisiensi tempat dan perawatan yang praktis, mampu memberikan nutrisi yang optimal dan meningkatkan pertumbuhan tanaman. Mahasiswa KKN TIM 1 UNDIP berharap bahwa keberhasilan program ini dapat menjadi inspirasi bagi kelompok tani lainnya untuk mengadopsi teknologi hidroponik yang inovatif dan berkelanjutan. Program HIDROPOWICK bukan hanya tentang meningkatkan hasil panen, tetapi juga mengarah pada peningkatan kesejahteraan dan ketahanan pangan bagi warga lokal.


Dosen Pembimbing Lapangan
Prof. Dr. Eng. Agus Setyawan, S.Si., M.Si
Muhamad Azhar, SH., LL.M.
Lurah
Marlina Dry Hastuti, SE, MM
Camat
Havid Danang P.W, Sh. Mh
KKN Tim 1 UNDIP Bulakan, Sukoharjo
Muhammad Rangga Abhie Saputra, Agvyan Rizky Pradana, Rahayu Khairunnisa, Mohammad Faiz Daffa Ganindra, Seifh Devi Nadifani Kumara, Puput Rahmawati, Ilma Safira Andani, Fauziatul Musyayyadah, Fidea Hayya Ulya Sabila, Octavia Fildzah Rahma




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline