Lihat ke Halaman Asli

Adimayapada KKNT Ikom Unesa

Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Surabaya

Bangun Edukasi Seputar Entrepreneurship, KKN-T Ilmu Komunikasi UNESA Ajak Masyarakat Desa Purwodadi Bersinergi Bangkitkan Ekonomi

Diperbarui: 4 Juni 2022   07:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Pemberdayaan UMKM Masyarakat Desa Purwodadi Kec. Donomulyo Kab. Malang terus dilakukan KKN-T Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) demi membangkitkan kegiatan perekonomian. 

Upaya tersebut dilakukan melalui seminar yang digelar pada Minggu, 29 Mei 2022 yang berlokasi di Balai Desa Purwodadi. Seminar dengan topik Bersinergi Membangun Ekonomi Daerah ini turut mengundang pemateri Ketua Umum Himpunan Pengusaha Muda (HIPMI) Kab. Malang, A Hendik Purbaya S.E., M.M. dan Dosen STIKES Kepanjen Kabupaten Malang, Bima Aminul Karim.,M.Tr.Kep yang juga merupakan owner Toko SRC Akbar Donomulyo. 

Kegiatan ini menargetkan anggota Kelompok Usaha Bersama (KUBE) dari Dusun Purworejo Kidul (KUBE Permata), dan Dusun Purworejo Wetan (KUBE Matahari), serta Karang Taruna Desa Purwodadi. 

Seminar ini diselenggarakan untuk membangun motivasi dan memberikan edukasi seputar entrepreneurship, terutama bagi pelaku UMKM dan Karang Taruna.

Kholin selaku Sekretaris Desa dalam sambutannya mengungkapkan "KKN-T Ilmu Komunikasi UNESA sudah menjadi bagian dari Desa Purwodadi, terutama dalam pemberdayaan UMKM. Saya harap KUBE beserta Karang Taruna saling bersinergi dalam mengembangkan ekonomi Desa Purwodadi." 

 "Sebenarnya UMKM di desa purwodadi sangat antusias, utamanya acara ini menyangkut kekuatan ekonomi. 

Jika dari acara ini dapat dilakukan secara berkelanjutan pasti akan berdampak ke ekonomi warga. Saya lihat tadi sangat antusias, luar biasa semangatnya. Maka saya harap acara ini berkelanjutan sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan terutama untuk masyarakat sendiri." Ujar Bima Aminul Karim.

Dalam pemaparan materinya, Bima juga turut menjelaskan pentingnya tiga aspek dalam pembangunan ekonomi daerah yang meliputi Pemerintahan, Pelaku Usaha dan Masyrakat yang harus saling bersinergi. disisi yang lain Hendik Purbaya menerangkan untuk memasarkan produk UMKM perlu adanya nilai jual yang berbeda dengan produk lain sehingga menigkatkan daya tarik kepada konsumen, 

salah satunya adalah dengan melakukan startegi pemasaran menggunakan tokoh publik untuk menjadi sarana meningkatkan nilai jual pada produk UMKM yang dimiliki

Salah satu anggota KUBE Permata, Siti Fatimah memberikan tanggapannya terkait seminar hari ini, "Alhamdulillah kita dapat wawasan baru, tentang bagaimana produk kita bisa lebih baik kedepannya. Harapan saya, KKN-T Ilmu Komunikasi UNESA dan Pemerintah Desa juga dapat menjembatani kegiatan kami sebagai UMKM. Saya sendiri antusias untuk mengikuti program lanjutan dari KKN ini terutama untuk pemasaran digitalnya," jelas Siti Fatimah.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline