Lihat ke Halaman Asli

KKN Tempursari UM

Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Membentuk Karakter Siswa dan Siswi dengan Berlatih PBB

Diperbarui: 24 Juli 2022   19:36

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Dokpri

Kabupaten Malang – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang (KKN UM) 2022 telah melaksanakan Pelatihan Peraturan Baris Berbaris (PBB) yang diikuti oleh siswa siswi kelas IV sampai VI SDN 4 Tempursari. Pelatihan PBB bertempat di lapangan SDN 4 Tempursari, Desa Tempursari, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 07.00–09.00 WIB dan dilaksanakan selama empat hari mulai dari Senin, Selasa, Rabu, dan Kamis (19-25/07/2022). 

“Pelatihan PBB ini bertujuan untuk melatih mereka megingat kembali setelah sekian lama mereka melakukan pembelajaran daring. Sebagian besar dari mereka mungkin sudah lupa. Oleh karena itu, kami meminta kakak-kakak KKN untuk melatih mereka,” Kata Ghigik Wahyu selaku guru SDN 4 Tempursari. 

Baris berbaris adalah suatu wujud latihan fisik yang diperlukan guna menanamkan kebiasaan dalam tata cara kehidupan yang diarahkan kepada terbentuknya suatu perwatakan tertentu yaitu salah satunya adalah sikap dan perilaku disiplin yang tinggi. Adapun materi yang disampaikan dalam PBB adalah materi dasar seperti sikap sempurna, gerakan di tempat, perubahan arah, dan perpindahan (berjalan). 

Selain melatih fisik, PBB juga melatih ketahanan mental siswa. Siswa diajarkan untuk bisa berkonsentrasi dengan baik, belajar tentang kekompakan dan solidaritas tim, belajar mendengar dan patuh, serta belajar untuk diam dan mengatur emosi. Dengan begitu siswa akan memiliki pribadi yang teratur dan tertib.

Siswa dan siswi SDN 4 Tempursari pun sangat antusias dalam mengikuti pelatihan baris berbaris ini. Walaupun terdapat kendala yaitu kesulitan mereka dikarenakan sudah lama tidak bersekolah secara luring sehingga mereka harus mengingat kembali dan mengulang peraturan baris berbaris dari dasar. 

Di samping melatih fisik dan mental mereka dalam baris berbaris, pelatihan PBB untuk siswa siswi SDN 4 Tempursari juga dipersiapkan sekolah untuk andil dalam memeriahkan lomba baris berbaris di desa dalam rangka menyambut HUT RI ke-77. Harapan dari dilaksanakannya kegiatan ini tentu untuk membentuk karakter siswa yang baik, jujur, berani, tegas, dan berwibawa, serta mempunyai jiwa patriotisme yang tinggi. 

Oleh karena itu, penting bagi siswa dan siswi untuk melakukan kegiatan pelatihan baris berbaris (PBB). Tujuan pelatihan PBB adalah untuk memotivasi siswa dan siswi agar mengerti akan arti patriotisme dan perjuangan para pendahulu mereka sehingga dalam mengisi kemerdekaan ini mereka akan lebih aktif dan rajin belajar guna meraih cita-cita dan harapan mereka. (Imanuel Mada Galih Pakarti)




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline