Lihat ke Halaman Asli

TIM KKNT KHDTK UNDIP 2024

Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN-T KHDTK Wanadipa Undip 2024 Menggelar Expo Bersama Kelompok Tani dan Menciptakan 5 Buku Strategis Pengembangan Potensi Minyak Atsiri

Diperbarui: 25 Februari 2024   08:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Expo Produk Berbasis Minyak Atsiri Bersama Kelompok Tani (Dokumentasi Penulis, 2024)

Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang (23/2/2024) - Ekspo merupakan salah satu kegiatan yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN-T KHDTK Wanadipa UNDIP 2024 bertujuan untuk menambah wawasan kelompok tani mulai dari cara budidaya tanaman, pembuatan produk sampai strategi dan cara pemasaran yang efektif. Ekspo dilaksanakan pada tanggal 11 Februari 2024 di joglo Wanadipa Undip yang dihadiri oleh 30 kelompok tani.

"Kelompok tani yang hadir terlihat sangat antusias dan bersemangat selama kegiatan berlangsung, hanya saja terdapat kekurangan dalam kegiatan ini yaitu tidak disertai demontrasi dikarenakan mempertimbangkan estimasi waktu yang ada. Kegiatan yang belum bisa dilaksanakan yaitu mempelajari cari menanam yang baik dan pelatihan cara pemasaran yang efektif" ucap Damar Prasetyo selaku Ketua KKN-T KHDTK UNDIP 2024.

Setelah dilakukan survey oleh mahasiswa ternyata masyarakat sekitar KHDTK Wanadipa Undip kebanyakan menggunakan facebook dalam kesehariannya. Dikarenakan sudah tidak asing dengan facebook, mahasiswa menyarankan melakukan pemasaran melalui facebook pro. Bisa mendapat untung yang lebih dibandingkan dengan facebook biasa. Selain itu, masyarakan juga sharing ilmu mengenai pemasaran melalui toko online, seperti shopee dan toko online lainnya.

Buku Panduan Karya Mahasiswa KKN Tematik KHDTK Undip (Dokumentasi Penulis, 2024)

Mahasiswa KKN-T KHDTK Wanadipa Undip 2024 juga telah berhasil menciptakan 5 buku panduan yang sangat berharga. Buku-buku tersebut mencakup berbagai aspek terkait minyak atsiri, mulai dari kesehatan, tanaman, teknologi, pemetaan, hingga strategi ekonomi. Inisiatif ini bertujuan untuk memberikan informasi yang komprehensif dan mudah dipahami kepada masyarakat setempat. Kenapa memilih membuat buku? karena buku akan tetap abadi meskipun orang yang bersangkutan sudah tidak ada disana.

"Buku Bidang Kesehatan: MENUJU HIDUP SEHAT: Langkah-langkah Sederhana untuk Kesehatan Optimal", "Buku Bidang Tanaman: Manfaat Minyak Atsiri", "Buku Bidang Teknologi: OPERASIONAL ALAT DISTILASI", "Buku Bidang Pemetaan: PETA MONOGRAFI KHDTK PENGGARON", dan "Buku Bidang Ekonomi: Strategi Pengembangan Ekonomi Atsiri di KHDTK PENGGARON". Ke-5 buku tersebut diharapkan dapat menjadi sumber pengetahuan yang berharga bagi masyarakat dan pihak terkait dalam mengembangkan potensi minyak atsiri di wilayah tersebut.

Kehadiran Mahasiswa KKN-T KHDTK Wanadipa Undip 2024 serta inisiatif mereka dalam penyuluhan dan pembuatan buku-buku ini telah memberikan kontribusi yang signifikan dalam mengedukasi dan memberdayakan masyarakat setempat. Diharapkan, upaya ini dapat menjadi langkah awal yang positif dalam mengembangkan industri minyak atsiri di KHDTK Wanadipa Undip serta meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat secara berkelanjutan.

"Berdikari Ekonomi, Bersama Minyak Atsiri!"

Penulis            : Tim KKN Tematik KHDTK Undip Tahun 2024

Lokasi             : KHDTK Penggaron Undip, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline