Lihat ke Halaman Asli

TIM KKNT KHDTK UNDIP 2024

Universitas Diponegoro

Mahasiswa KKN Tematik Undip Membudidayakan dan Menanam Ratusan Bibit Tanaman Penghasil Minyak Atsiri di KHDTK Wanadipa Undip

Diperbarui: 25 Februari 2024   08:08

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Penanaman Bibit Kayu Putih Oleh Mahasiswa KKN Tematik Undip (Dokumentasi Penulis, 2024)

Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang (23/2/2024) – Minyak atsiri merupakan suatu cairan yang didapatkan dari bagian tanaman seperti akar, kulit, batang, daun, buah, biji maupun bunga dengan cara penyulingan menggunakan uap. Minyak atsiri dapat digunakan untuk wewangian, campuran makanan maupun obat-obatan. Luasnya potensi penggunaan minyak atsiri maka perlu diimbangi dengan penanaman tanaman atsiri agar tidak terjadi kepunahan. Tanaman yang dapat menghasilkan minyak atsiri diantaranya adalah serai wangi, tanaman minyak kayu putih, nilam dan berbagai tanaman lainnya.

Salah satu program kerja mahasiswa KKN Tematik di KHDTK Wanadipa Undip tahun 2024 adalah menanam tanaman minyak atsiri. Tanaman yang ditanam diantaranya adalah bibit kayu putih, nilam dan serai. Program kerja tersebut di latar belakangi oleh potensi lahan KHDTK yang mumpuni untuk ditanami tanaman atsiri. Penanaman tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan penghasilan penduduk sekitar karena tanaman atsiri memiliki nilai jual yang tinggi apabila dikelola dengan baik.

Mahasiswa KKN melakukan program kerja penanaman tanaman atsiri dari mulai tanggal 15 Januari sampai tanggal 10 Februari 2024. Banyak hal yang mereka lakukan mulai dari pembukaan lahan untuk menanam, penyemaian benih, penanaman bibit sampai pada proses perawatan berbagai tanaman atsiri. Proses perawatan tanaman atsiri yang dilakukan adalah pemberian pupuk kandang dan penyiraman. Semua kegiatan dilakukan oleh seluruh mahasiswa KKN secara bergantian, sedangkan untuk pembukaan lahan dan penanaman bibit banyak dibantu oleh mahasiswa KKN laki-laki.

Pembukaan Lahan Untuk Penanaman Tanaman Kayu Putih (Dokumentasi Penulis, 2024)

Penanaman bibit kayu putih menjadi fokus utama yang dilakukan oleh mahasiswa dengan jumlah terbanyak, yaitu sekitar kurang lebih 500 bibit. Semua kegiatan tersebut dilakukan oleh mahasiswa dengan harapan agar tanaman atsiri tetap lestari dan dapat dimanfaatkan dengan optimal.

“Berdikari Ekonomi, Bersama Minyak Atsiri!”

Penulis            : Tim KKN Tematik KHDTK Undip Tahun 2024

Lokasi             : KHDTK Penggaron Undip, Kelurahan Susukan, Kecamatan Ungaran Timur, Kabupaten Semarang




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline