Lihat ke Halaman Asli

TIM KKNT KHDTK UNDIP 2024

Universitas Diponegoro

Berantas Penyakit Tidak Menular! Tim KKN Tematik KHDTK Undip Menyediakan Edukasi dan Konseling Kesehatan Gratis

Diperbarui: 24 Februari 2024   09:57

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Edukasi dan Layanan Konseling  Kesehatan Gratis (Dokumentasi Pribadi, 2024)

Semarang, 27 Januari 2024 – Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik KHDTK Universitas Diponegoro (Undip) mengadakan kegiatan edukasi dan konseling kesehatan gratis bagi masyarakat RW 5 di Kelurahan Susukan, Semarang. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang bahaya penyakit tidak menular (PTM) khususnya penyakit asam urat dan memberikan edukasi tentang cara pencegahan dan penanggulangannya.

Kegiatan ini diadakan pada hari Sabtu, 27 Januari 2024 di Rumah Kader RW 5 Kelurahan Susukan. Tim KKN Undip bekerja sama dengan kader setempat untuk menentukan kelompok usia sasaran yang tepat dengan mayoritas penyakit di RW 5, yaitu lansia dengan keluhan Asam Urat.

Kegiatan diawali dengan pendaftaran, kemudian dilalukan pemeriksaan antropometri, setelah itu  diperiksa tensi dan kadar asam uratnya. Setelah mendapatkan hasil pemeriksaan, mereka dapat memanfaatkan layanan konseling. Layanan konseling ini bertujuan untuk membantu masyarakat lansia mendapatkan informasi dan saran yang tepat terkait kesehatan mereka.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis oleh Mahasiswa KKN Tematik Undip (Dokumentasi Pribadi, 2024)

Edukasi dan konseling diberikan secara langsung dengan media leaflet yang berisi infografis penyebab, pencegahan, dan resep menu untuk penderita asam urat.

Ketua Tim KKN Tematik KHDTK Undip, Damar Prasetyo, mengatakan bahwa mendukung penuh terhadap layanan ini.

"Saya sangat mendukung program kesehatan yang meliputi edukasi dan konseling kesehatan gratis. Melalui program ini, kami berharap dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penyakit tidak menular serta cara pencegahan dan penanggulangannya. Dengan memberikan layanan ini secara gratis, kami berupaya untuk membuat akses terhadap informasi dan perawatan kesehatan lebih mudah bagi masyarakat, sehingga mereka dapat hidup lebih sehat dan produktif," ujar Damar Prasetyo

Kegiatan edukasi dan konseling kesehatan gratis ini merupakan salah satu bentuk komitmen Tim KKN Tematik KHDTK Undip dalam membantu masyarakat mencapai hidup sehat dan sejahtera.

Pemeriksaan Kesehatan Gratis untuk Masyarakat Susukan, Semarang (Dokumentasi Pribadi, 2024)

Penulis: Yeni Nurcholisah

Mahasiswa KKN Tematik Wanadipa Undip 2024




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline