Lihat ke Halaman Asli

KKN Tematik

Akun milik mahasiswa KKN Tematik UM

Perpustakaan As-Shodiq "Disulap" Menjadi Perpustakaan oleh Mahasiswa KKN UM

Diperbarui: 7 Juli 2021   12:51

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

MALANG, JAWA TIMUR -- Mahasiswa KKN Tematik prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang berhasil mengubah perpustakaan Madrasah Ibtidaiyah As-Shodiq Bululawang, Kabupaten Malang menjadi perpustakaan yang sangat menarik untuk dikunjungi oleh siswa-siswi MI As-Shodiq. Perpustakaan yang telah menganggur selama era pandemi COVID-19 ini diubah oleh mahasiswa KKN Tematik UM menjadi perpustakaan yang bersih, rapi, serta mempunyai dekorasi yang dapat menarik minat siswa-siswi MI As-Shodiq dalam meningkatkan motivasi mereka dalam membaca.

Dok. pribadi

Pada dinding-dinding perpustakaan diberi hiasan rumput, bunga, serta "Shaun the sheep" yang mana dekorasi ini dibuat sendiri oleh mahasiswa KKN Tematik UM. Selain itu juga terdapat mading, poster, serta hiasan-hiasan yang dipasang di dinding ruang baca yang mana ruang baca ini terdapat tepat di sebelah perpustakaan utama. Buku-buku yang ada di perpustakaan ini juga ditata sesuai dengan kategori yang ada, sehingga dapat memudahkan siswa-siswi MI dalam mencari buku yang mereka inginkan. Label-label kategori pun juga di desain sedemikian rupa sehingga sangat menarik untuk dilihat.

Seperti yang kita ketahui bahwa pada saat ini, Indonesia sedang dilanda darurat literasi dimana masyarakat dan bahkan siswa-siswi mempunyai minat membaca yang sangat minim. Dengan adanya perubahan pada perpustakaan di MI As-Shodiq ini, mahasiswa KKN Tematik UM berharap bahwa nantinya perpustakaan ini akan berguna untuk meningkatkan minat literasi sejak dini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline