Lihat ke Halaman Asli

KKNT DESA SENTUL 2

Mahasiswa KKNT

Ngerrii, Mahasiswa KKN Bau Pandan

Diperbarui: 29 November 2023   22:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Rabu 29 November 2023.  mahasiswa KKN iai syarifuddin membantu menyiapkan keperluan untuk kegiatan menyekar dalam rangka tradisi budaya Jumat manis seperti memotong daun pandan yang kami lakukan  bersama Mbah satri.

Malam Jumat adalah malam sakral yang membutuhkan persiapan khusus dibanding malam lainnya. Mempersiapkan malam Jumat merupakan kebiasaan dari jaman dahulu yang masih dipertahankan hingga jaman sekarang, terlebih pada malam jumat legi (Jumat manis).

Kebiasaan Jumat legi yang masih dijalankan didesa Sentul ini adalah nyekar. Nyekar sendiri adalah kegiatan berdoa secara massal dan juga ziarah kubur keluarga secara bersama dengan menabur bunga.

Kegiatan "nyekar" merupakan hal yang sangat positif, karena selain bertujuan untuk mendoakan arwah pendahulu kegiatan ini juga sebagai pengingat kepada kita semua akan kematian yang pasti kan kita hadapi nantinya.  tradisi "nyekar"  merupakan sebuah akulturasi  budaya reliji pribumi.

Menurut penuturan dari Mbah satri bahwa setiap menjelang Jum'at manis, beliau akan mempersiapkan bunga yang akan di gunakan untuk menyekar. "Saya setiap mau Jum'at manis pasti memotong daun pandan sendiri jadi ndak usah beli bunganya tinggal ambil di pekarangan ".




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline