Lihat ke Halaman Asli

KKNT DESA MENDUNG

Desa Mendung

Melirik Urgensi Pendidikan Jenjang Sekolah Dasar di Desa Mendung, Kecamatan Cibaliung

Diperbarui: 24 Agustus 2022   13:44

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok KKNT Desa Mendung

Pendidikan merupakan hal yang paling krusial untuk dibahas, hal ini mengingat bahwasannya pendidikan selalu menjadi permasalahan yang menyita di tengah berkembang. 

Maka dari itu berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk menanggulangi permasalahan pendidikan tersebut salah satunya dengan  program-program yang tentunya memberikan dampak yang baik untuk pendidikan Indonesia. Seperti, contohnya Program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yaitu Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), yang saat ini tengah hangat-hangatnya diperbincangkan.

 Selaras dengan program MBKM, LLDIKTI Wilayah IV Membuka program  Kuliah Kerja Nyata Tematik membangun Desa yang dimana Perguruan Tinggi Swasta  se Jawa Barat dan Banten ikut berpartisipasi dalam kegiatan KKNT tersebut,  kegiatan Kuliah Kerja Nyata berlokasi di 115 desa  salah satunya terdapat  di desa Mendung, Kec Cibaliung, Kabupaten Pandeglang. 

Dengan berfokus pada pendidikan yang tentunya menjadi aset paling penting dalam kehidupan besrmasyarakat yang harus terus di tingkatkan guna menunjang SDM yang unggul.

Dari hasil observasi kami dilapangan, ternyata setelah di analisis banyak hal yang harus ditingkatkan kembali di Desa Mendung, misalnya di dunia pendidikan yakni masih kurangnya fasilitas belajar dan mengajar, tenaga pendidik, IT, dan masih rendahnya tingkat literasi peserta didik. Sehingga dengan adanya kendala tersebut terkadang proses pendidikan berlangsung tidak sebagaimana mestinya. 

“Kami disini masih kekurangan tenaga pendidik dan juga fasilitas yang kurang memadai sehingga membuat pendidikan terkadang kurang efektif” Kata enny, Senin, 25 Juli 2022.

Dengan adanya program KKNT ini  mahasiwa se Jawa Barat dan Banten dapat mengimplementasikan bidang keilmuannya dengan mengabdi ditengah masyarakat, khusunya dalam dunia pendidikan dengan adanya program ini mahasiswa sebagai agen perubahan dapat berperan langsung dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Penulis : Ivan Brian Karipui

Mahasiswa Universitas Pembangunan Jaya

Foto : KKNT Desa Mendung




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline