Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN 14 UNEJ Sukses Membantu Proses Pendataan Adminduk di Desa Tamansari

Diperbarui: 13 Februari 2023   02:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

KKN TEMATIK UNEJ MEMBANGUN DESA 2023: Mahasiswa KKN 14 UNEJ Sukses Membantu Proses Pendataan Adminduk di Desa Tamansari

Administrasi kependudukan memiliki peran penting dalam pembangunan suatu Negara khususnya di Desa Tamansari. Bagi sebagian masyarakat desa, data kependudukan seringkali diabaikan, padahal saat ini utamanya di era digital sangat penting memiliki data kependudukan seperti akta kelahiran, kartu keluarga maupun surat kematian. Akta kelahiran dan kematian merupakan salah satu dokumen yang di terbitkan oleh dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Akta kematian dan kelahiran sangatlah penting untuk menghindari penyalahgunaan data penduduk dan memastikan keakuratan data. Akan tetapi, masih banyak sekali warga yang belum paham pentingnya akta kematian dan kelahiran bagi setiap keluarganya.

Mahasiswa KKN telah melakukan sebagian pendataan terkait akta kelahiran, akta kematian dan pembuatan KK baru serta revisi KK. Hal ini terlihat dihari pertama pembukaan program kerja Adminduk, masyarakat Desa Tamansari terlihat sangat antusias dan terdapat beberapa data yang diterima oleh mahasiswa KKN. Pada saat proses pengumpulan data ternyata masih banyak persyaratan yang kurang sesuai sehingga Penanggung Jawab (PJ) dari mahasiswa KKN mengalami kesulitan untuk mengatasinya. Hingga saat ini telah terkumpul sebanyak kurang lebih 20 data yang telah diterima dan diantaranya sebanyak 6 KK (Kartu Keluarga) baru sudah di cetak dan di serahkan oleh Bapak Widayaka, S.H., Msi. selaku Camat Mumbulsari kepada mahasiswa KKN dan warga Desa Tamansari.

Penyerahan Kartu Keluarga (KK) oleh Bapak Camat Mumbulsari

Tujuan diadakannya program kerja ini yaitu untuk memberikan informasi data statistik dan pentingnya memiliki akta kematian dan kelahiran sehingga masyarakat mengetahui perkembangan data dan sadar akan manfaat memiliki akta kelahiran dan kematian. Disamping itu program pendataan ini juga berguna bagi keakuratan pendataan agar tidak terjadi penyalahgunaan data.

"Terimakasih, sudah membantu melengkapi informasi yang di butuhkan di kantor Balai Desa Tamansari." Ungkap Bapak H. Seger selaku Kepala Desa Tamansari.

Harapannya setelah diadakan program kerja ini masyarakat menjadi sadar akan pentingnya memiliki memiliki data yang benar. Serta memudahkan pendataan sehingga tidak terjadi penyalahgunaan data.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline