Lihat ke Halaman Asli

KKNT_KEL10 UMBJM

Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

Sosialisasi Penerapan Aplikasi ELSIMIL di Desa Sawahan

Diperbarui: 17 Maret 2023   08:49

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Sosialisasi aplikasi ELSIMIL merupakan sebuah aplikasi dari BKKN untuk calon pengantin dan ibu hamil yang bertujuan untuk meminimalisir kelahiran bayi stunting dan mempersiapkan calon pengantin untuk siap secara jasmani.

Alur dari kegiatan ini dimulai dengan pemaparan materi terkait pentingnya gizi yang seimbang untuk balita dan pencegahan stunting sejak dini, yaitu sejak memasuki dunia pernikahan.(Misbahuddin et al., 2022)

dengan demikian calon pengantin, dan ibu hamil  mendapatkan arahan serta anjuran-anjuran yang harus dilakukan, agar terhindar dari kasus stunting, aplikasi ini lebih efektif di zaman yang serba digital seperti ini.

Adapun dalam kegiatan ini kami tim pengabdian masyarakat Universitas Muhammadiyah Banjarmasin melakukan program penyuluhan ini sebagai suatu kewajiban yang diamanahkan BKKKN setempat untuk mengurangi angka stunting yang ada trutama pada Desa Sawahan. 

Persiapan yang dilakukan dalam penyuluhan ini adalah berkoordinasi dengan aparat Desa mengenai situasi kondisi dari masyarakatnya mengenai informasi ELSIMIL serta  bidan desa selaku tenaga Kesehatan yang ada untuk mengetahui data diri dari   calon pengantin dan ibu siap hamil serta program kerja ini juga ikut dibantu oleh kader Desa Sawahan untuk membantu dalam pendataan masyarakat yang ditujukan.

Kegiatan ini dilakukan di gedung serbaguna Desa Sawahan yang dihadiri oleh calon pengantin dan ibu siap hamil yang telah diundang, setelah itu kegiatan disosialisasikan  mengenai ELSIMIL dengan cara di presentasikan mengenai fungsi dan pentingnya ELSIMIL sebagai pendamping calon pengantin dan ibu hamil dalam mempersiapkan mental serta kesehatan diri dan calon anak. dalam sosialisasi ini juga langsung dipraktikan cara penggunaannya.

Diharapkan kepada calon penganten dan ibu hamil serta perangkat desa yang berhadir dapat menggunakan aplikasinya dengan benar dan sebagai bekal untuk mereka ketika sudah menjadi suami/istri nantinya atau menjadi orang tua. Diharapkan dengan adanya aplikasi ini dan digunakan sebagaimana mestinya akan membawa dampak baik kepada desa kedepannya yaitu penurunan angka stunting di desa sawahan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline