Lihat ke Halaman Asli

KKNT 99 UPNVJATIM

KELOMPOK 99 KKN TEMATIK UPN VETERAN JAWA TIMUR

Pojok Baca Guna Meningkatkan Budaya Literasi di Desa Pulosari

Diperbarui: 15 Juni 2022   20:55

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pojok Baca Desa Pulosari (Dokpri)

Membaca merupakan hal penting dalam kehidupan. Semua proses belajar diawali dengan kegiatan membaca. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus menggenjot budaya membaca masyarakat. 

Salah satu terobosan melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 tahun 2015 tentang penumbuhan Budi Pekerti Luhur kepada peserta didik dengan mengembangan Gerakan Literasi (GLS).

Dokpri

Keterlibatan desa dalam gerakan GLS sangat penting. Untuk menumbuhkan budaya baca bisa dengan membiasakan orang-orang untuk gemar membaca. Desa Pulosari, Kecamatan Bareng menerapkan pojok baca. Pojok baca merupakan pemanfaatan dari sudut ruangan yang diharapkan dapat merangsang orang-orang desa untuk gemar membaca dan memiliki daya pikir positif.

Keberadaan Pojok Baca ini diharapkan mampu melayani penduduk Desa Pulosari khususnya dan masyarakat sekitarnya yang ingin membaca bahan bacaan ringan, pengetahuan dan mencari sumber informasi tepat guna yang mereka butuhkan. Dengan desain ruang yang nyaman dan bentuk rak menarik yang dilengkapi dengan koleksi buku terdiri dari bahan bacaan ringan seperti novel, majalah dan buku cerita.

Pemilihan lokasi pojok baca juga diarahkan langsung oleh Kepala Desa Pulosari, lokasi tersebut terletak di teras Balai Desa. Meskipun terletak di teras Balai Desa, namun lokasi tersebut sangat strategis.

Nama penulis :Fida Dea Firnanda (19024010002)

Editor :Fida Dea Firnanda (19024010002)

DPL : Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si

PIC : Eka Restu Justitian, S.Kom




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline