Lihat ke Halaman Asli

KKNT 99 UPNVJATIM

KELOMPOK 99 KKN TEMATIK UPN VETERAN JAWA TIMUR

Mahasiswa KKN-T Kecamatan Bareng Melakukan Rapat tentang Seminar UMKM

Diperbarui: 14 Juni 2022   14:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

 Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, Senin (06/06/2022). Dokpri.

Jombang-Bareng, Perwakilan mahasiswa KKN-T Kecamatan Bareng dari UPN Veteran Jawa Timur mengadakan pertemuan rapat seminar optimalisasi pemasaran bagi umkm di Kecamatan Bareng pada hari Senin (06/06/2022). Seminar ini  akan mengundang seluruh pemilik UMKM di Kecamatan Bareng. UMKM adalah singkatan dari Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah. UMKM diatur berdasarkan UU Nomor 20 tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil,dan Menengah. Berdasarkan UU Nomor 20 tahun 2008 Usaha Mikro didefinisikan sebagai bentuk usaha produktif milik orang perorangan dan atau badan usaha perorangan yang memenuhi kriteria Usaha Mikro sebagaimana diatur dalam Undang-Undang ini. 

UMKM berskala mikro, kecil dan menengah dianjurkan harus memiliki izin usaha. Izin usaha ini merupakan suatu bentuk dokumen resmi dari instansi berwenang, yang menyatakan sah dan dibolehkannya seseorang atau badan untuk melakukan suatu usaha atau kegiatan tertentu. 

Masih banyak UMKM yang masih belum sadar pentingnya legalitas yang juga merupakan salah satu syarat dari pembuatan PIRT  terutama di Kecamatan Bareng. Dengan demikian, kelompok KKN-T Kecamatan Bareng mengadakan program kerja gabungan, yaitu acara seminar dengan Judul “Seminar Optimalisasi Pemasaran Bagi UMKM Kecamatan Bareng”. Tujuan dari seminar ini adalah agar para pelaku UMKM mengerti dan paham tentang pentingnya legalitas umkm, branding bisnis, pemasaran bisnis, design produk, market pasar, dan pangan industri rumah tangga (PIRT). 

Seminar ini merupakan program kerja gabungan dari kelompok 96-100 dibawah satu pengawas atau PIC yaitu Eka Restu Justitian, S.Kom, sebagai pengawas lapang untuk kelompok Kecamatan Bareng. Acara tersebut telah dilaksanakan pada tanggal 11 Juni 2022, di Pendopo Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang.

Penulis : Yovita Nathania (19043010242)

Editor : Elsa Shantyka Putri Azzahra (19081010151)

DPL : Kusuma Wardhani Mas'udah, S.Si., M.Si

PIC : Eka Restu Justitian, S.Kom

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline