Lihat ke Halaman Asli

KKNT 99 UPNVJATIM

KELOMPOK 99 KKN TEMATIK UPN VETERAN JAWA TIMUR

Sosialisasi Ekonomi Kreatif untuk Meningkatkan Wawasan Kewirausahaan Warga Desa Pulosari, Kecamatan Bareng, Jombang

Diperbarui: 11 Juni 2022   19:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Senin, 30 mei 2022 mahasiswa KKN-T 99 Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur mengadakan sosialisasi tentang pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan, perizinan, legalitas UMKM untuk meningkatkan kewirausahaan dan ekonomi kreatif di Desa Pulosari. 

Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan di aula Balai Desa Pulosari dengan mengundang pembicara yang berasal dari Dinas Koperasi dan UMKM Jombang. 

Kegiatan tersebut membahas tentang pemberdayaan usaha menengah, usaha kecil, dan usaha mikro (UMKM), selain membahas tentang umkm pembicara yang berasal dari perwakilan Dinas Koperasi dan UMKM Jombang ini membahas tentang perizinan dan legalitas.

Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh beberapa UMKM yang ada di Desa Pulosari, maksud dan tujuan diadakannya sosialisasi ini yakni menjelaskan bagaimana pemberdayaan Usaha Mikro dilakukan. 

Hal pertama yang dilakukan yakni pelatihan terhadap Usaha Mikro (UM), kemudian memberikan fasilitas untuk Usaha Mikro melalui asosiasi-asosiasi yang ada, dan selanjutnya mengadakan pameran UMKM agar produk bisa terkenal sampai luar Jombang.

Selama kegiatan berlangsung peserta mengajukan beberapa pertanyaan terkait tentang tema seminar berlangsung. Kebanyakan pertanyaan yang diajukan oleh peserta yakni terkait dengan pembuatan nomor induk berusaha (NIB), NIB merupakan salah satu syarat utama dalam mendirikan usaha. Proses pembuatan NIB dapat dilakukan melalui online di situs website oss.com yang hanya memakan waktu kurang dari satu hari.

Hasil yang dicapai dari kegiatan sosialisasi ini yakni masyarakat Desa Pulosari khususnya UMKMnya mengerti tentang bagaimana cara pembuatan perizinan seperti NIB dan PIRT. 

Selain mengerti tentang cara pembuatan legalitas berusaha, peserta sosialisasi juga mengerti tentang kekurangan dari produk mereka masing-masing mulai dari legalitas hingga cara pemasaran yang dirasa kurang. Diharapkan dengan diadakannya sosialisasi tentang UMKM ini, masyarakat desa pulosari khususnya pelaku UMKm di Desa Pulosari dapat meningkatkan produk usaha mereka.

Penulis :Nauval Zakqy (19025010198)

Editor :Elsa Shantyka Putri Azzahra (19081010151)

DPL : Kusuma Wardhani Mas’udah, S.Si., M.Si

PIC : Eka Restu Justitian, S.Kom




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline