Lihat ke Halaman Asli

Mengulik Potensi Desa Paninggaran, Kabupaten Kuningan

Diperbarui: 3 Juli 2023   11:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Tim KKNT-I IPB Paninggaran 2023

Desa Paninggaran merupakan desa seluas 103.190 ha/m2 yang berada di Kecamatan Darma, Kabupaten Kuningan. Desa Paninggaran berdekatan dengan Waduk Darma yang menjadi salah satu tempat mata pencaharian kebanyakan masyarakat. Desa Paninggaran memiliki potensi yang besar di bidang pertanian dan peternakan, karena berada diantara perbukitan yang asri dan masih memiliki lahan kosong yang cukup luas. Selain di bidang pertanian dan peternakan, pemandangan perbukitan, sawah, dan waduk darma yang memanjakan mata, membuat Desa Paninggaran memiliki potensi juga di bidang pariwisata. Hal ini membuat peserta KKNT IPB University 2023 yang mengabdi di desa paninggaran semakin tertarik untuk membantu menggali dan mengembangkan potensi-potensi yang dimiliki desa ini. "Paninggaran ini bisa jadi desa yang hebat. Banyak yang bisa dikembangkan. Bukit ada, lahan ada, air juga banyak" Ucap pak Zaenal selaku ketua Karang Taruna Desa Paninggaran.

Dokumentasi Tim KKNT-I IPB Paninggaran 2023

Saat ini komoditas yang sedang gencar dikembangkan adalah ikan nila, dan ikan lele oleh masyarakat, serta pepaya dan pisang oleh anggota karang taruna. Komoditas ini dapat berkembang dengan baik dan dipercaya akan menghasilkan keuntungan yang cukup banyak, baik dengan cara dijual langsung, ataupun diolah menjadi makanan siap makan. Untuk kedepannya, Desa Paninggaran berencana mengembangkan beberapa tanaman hidroponik yang ditumbuhkan di dalam rumah kaca.

Selain demografi Desa Paninggaran yang menarik, kehidupan sosial di Desa Paninggaran juga sangat menarik perhatian. Baik dari hubungan antara masyarakat, sikap dan perilaku, tradisi dan kebiasaan sehari-hari. Masyarakat Paninggaran memiliki hubungan kekeluargaan yang erat satu sama lain,  sehingga proses komunikasi lebih mudah. Kerjasama antar masyarakat juga sangat baik. Setiap masyarakat tidak perlu berpikir dua kali untuk membantu satu sama lain dalam berbagai kegiatan. Kami sebagai pendatang disambut dan diperlakukan dengan sangat baik seperti keluarga sendiri.

Desa Paninggaran sangat menarik untuk dikunjungi dan dikembangkan. Masyarakat Desa Paninggaran siap bekerja sama mengembangkan potensi yang tersedia dan bermitra dengan berbagai badan usaha agar mampu menjadi desa agromaritim.

Dokumentasi Tim KKNT-I IPB Paninggaran 2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline