Lihat ke Halaman Asli

Tim KKN-T Inovasi IPB Tanamkan Kesadaran Lingkungan pada Siswa SD Desa Tugumulya dengan Sekolah Alam

Diperbarui: 26 Juli 2023   07:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber: Dokumentasi

Mahasiswa IPB yang menjalani kegiatan Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) Inovasi di Desa Tugumulya melaksanakan kegiatan Sekolah Alam di SDN 1 dan SDN 2 Tugumulya selama tiga hari, yaitu Kamis (20/7/23), Sabtu (22/7/23), dan Senin (24/7/23).

Sekolah Alam memiliki tiga sub tema yang berbeda. Sub tema pertama, yaitu Cuaca dan Serangga. Kegiatan ini diikuti oleh siswa kelas 3 dan 4 SDN 2 Tugumulya yang berlokasi di Balai Dusun Tugu, Desa Tugumulya. Pada kegiatan ini, siswa-siswi dijelaskan rupa maggot dan siklus hidupnya serta cuaca di lingkungan sekitar mereka dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Selain itu, di kegiatan ini siswa-siswi juga dijelaskan mengenai bagian tubuh serangga dan lomba mewarnai berhadiah.

Sub tema kedua adalah PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat) yang diikuti dengan kerja bakti membersihkan lingkungan sekolah. Kegiatan ini dilaksanakan di SDN 1 Tugumulya dan diikuti oleh seluruh siswa, mulai dari kelas 1 hingga kelas 6. Para siswa diajarkan mengenai bentuk-bentuk PHBS, bagaimana mencuci tangan yang benar dan cara memilah sampah.

Sub tema ketiga, yaitu penanaman dan penghijauan, yang diikuti oleh siswa kelas 5 dan 6 SDN 2 Tugumulya. Kegiatan ini berisi penjelasan terkait penghijauan, pengolahan botol plastik bekas menjadi media tanam hias, dan penanaman benih kangkung.

Kegiatan ini disambut dengan antusias serta semangat yang tinggi dari seluruh siswa yang hadir, baik dari SDN 1 maupun SDN 2 Tugumulya. Guru dari kedua sekolah pun turut antusias dengan adanya program ini. Yeyet Yuliati, Kepala SDN 1 Tugumulya mengungkapkan rasa terima kasihnya. "Kalau sekolahnya bersih, siswa kan jadi ikut semangat belajarnya," ujar Yeyet.

Kepala SDN 2 Tugumulya, Dewi Kusumawati, turut mengungkapkan rasa terima kasihnya. "Kami sangat terbantu dengan adanya kegiatan ini, karena mendukung tema yang diusung di semester ini, yaitu wirausaha," ujarnya.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline