Lihat ke Halaman Asli

KKNT 60Luworo

Mahasiswa KKN-T Universitas PGRI Madiun

Evaluasi Pemberian Tambah Darah di SMPN 1 Pilangkenceng

Diperbarui: 10 Februari 2023   22:20

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri 

dokpri 

KKN-T Kelompok 60 Universitas PGRI Madiun (UNIPMA) Tahun 2023 mengadakan kegiatan evaluasi tablet tambah darah dengan cara melakukan cek Hemoglobin. Acara ini diadakan dengan sampel sebanyak 48 siswi SMPN 1 Pilangkenceng. Kegiatan evaluasi ini sebagai upaya percepatan penurunan stunting di Desa Luworo khususnya dengan menyasar sasaran risiko stunting yaitu remaja putri. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengevaluasi para siswi SMPN 1 Pilangkenceng dalam mengonsumsi tablet tambah darah untuk mencegah anemia.

Tablet tambah darah telah disediakan oleh Puskesmas Krebet dan dikonsumsi setiap hari jumat bersamaan dengan pemberian vitamin dan makanan bergizi.  Oleh karena itu, Kelompok 60 mengadakan program kerja berupa evaluasi pemberian tablet tambah darah dengan alat cek hb berupa GCUHb yang telah disediakan. Pengecekan Hb ini dilakukan oleh Ira Fajarwati dari program studi farmasi UNIPMA.

Hasil dari kegiatan evaluasi ini terdapat 3 siswi yang memiliki Hb rendah sedangkan 45 siswi lainya memiliki Hb normal. Dari 48 sampel tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa siswi SMPN 1 Pilangkenceng memiliki Hb normal. Adapun siswi yang memiliki Hb rendah akan ditindaklanjuti secara kusus oleh Unit Kesehatan Sekolah (UKS) tersebut.

Dari kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi siswi dan pihak sekolah untuk melaksanakan evaluasi tablet tambah darah secara rutin dan berkelanjutan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline