Di Indonesia Keberadaan Pelaku UMKM sangat berperan penting dalam peningkatan Pendapatan Domestik Bruto (PDB) Negara. UMKM juga memiliki peranan cukup besar dalam penyediaan tenaga kerja. UMKM dapat mendorong masyarakat yang memiliki pendapatan rendah untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif.
Di zaman yang semuanya bisa diakses dengan mudah melalui teknologi membuat para pelaku UMKM juga harus pandai dalam mengatur strategi pemasaran melalui pemasaran digital atau digital marketing. Namun, tingkat pengetahuan akan teknologi pada pelaku UMKM di Kelurahan Sidodadi khususnya digital marketing masih kurang.
Masih banyak para pelaku UMKM di Kelurahan Sidodadi yang masih belum mengatuhi pentingnya digital marketing dalam memasarkan produknya.
Mahasiswa KKN Tematik MBKM UPN Veteran Jawa Timur kelompok 45 mengadakan kegiatan sosialisasi untuk para pelaku UMKM di Kelurahan Sidodadi dengan tujuan agar para pelaku UMKM dapat menerapkan strategi digital marketing untuk menjaga eksistensi dan mengembangkan usahanya.
Kegiatan sosialisasi di laksanakan pada hari Jum'at, 03 Juni 2022. Kegiatan tersebut dilakukan di Balai RW. 01 dengan mendatangkan Narasumber yang telah berpengalaman terhadap dunia digital marketing. Narasumber merupakan owner dari Nirmala Archipelago Comodity & Export yang juga merupakan mahasiswa UPN "Veteran" Jawa Timur.
Diharapkan dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, para pelaku UMKM dapat mengetahui dan memahami kemudian menerapkan strategi digital merketing pada usahanya agar tetap eksis dan semakin berkembang.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H