Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi "Stop Bullying" dalam Rangka Pencegahan Bullying pada SMPN 02 Balong bersama Mahasiswa KKN-T Universitas PGRI Madiun

Diperbarui: 18 Januari 2024   11:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Bullying adalah segala bentuk penindasan atau kekerasan, yang dilakukan secara sengaja oleh satu orang atau kelompok yang lebih kuat. Bullying dapat diidentifikasi lewat tiga karakteristik yaitu disengaja (untuk menyakiti), terjadi secara berulang-ulang dan ada perbedaan kekuasaan. Bullying bisa terjadi secara langsung maupun tidak langsung. Bullying secara tidak langsung/online dapat disebut dengan cyber bullying, sering terjadi melalui media sosial, SMS/atau pesan teks instan, email atau platform online dimana tempat anak-anak untuk berinteraksi. Macam-macam perilaku bullying seperti Kontak Fisik Langsung Bullying, Kontak Verbal Langsung Bullying, Perilaku Nonverbal Langsung, Perilaku Nonverbal Tidak Langsung, Cyber Bullying dan Pelecehan Seksual.

KKN-T Kelompok 34 & 35 UNIPMA memilih tema "Sosialisasi Stop Bullying". Kegiatan sosialisasi ini merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mengedukasi siswa sekolah dasar tentang bahaya bullying dan upaya menghindari bullying di SMPN 02 Balong. "Program ini sangat bagus untuk diadakan pada siswa-siswi kami, mengingat para siswa kelas 7 belum mengerti akan bahayanya perilaku bullying", ucap Bapak Himawan Setyono, S.Pd, selaku Kepala SMPN 02 Balong.

Tingginya antusias siswa-siswi SMPN 02 Balong terlihat selama kegiatan sosialisasi berlangsung. Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya kemudian dilanjutkan dengan membacakan do'a bersama-sama. 

Kemudian memasuki acara inti, siswa-siswi memperhatikan materi dengan kondusif dan mampu untuk menerima materi yang diberikan oleh Bapak Bambang Eko Nugroho, S.H., M.H., CLA. 

Dok. pribadi

 Acara ditutup dengan sesi foto bersama pemateri, siswa-siswi kelas 7, wakil kepala sekolah serta mahasiswa KKN-T UNIPMA kelompok 34 & 35. 

Dok. pribadi




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline