Lihat ke Halaman Asli

Kembangkan Motorik Halus Anak Melalui Finger Painting

Diperbarui: 16 Februari 2023   10:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Pengembangan seni di Taman Kanak-Kanak dapat dilakukan dengan berbagai macam hal, salah satunya adalah melukis dengan jari yang biasa disebut finger painting. Kegiatan finger painting selain bertujuan dapat meningkatkan kreativitas anak, juga dapat berpengaruh dalam mengembangkan motorik halus anak melalui gerak mata dan gerak tangan anak. 

Kegiatan finger painting ini anak dapat mengoptimalkan motorik halusnya dengan menggerakkan otot-otot tangan ketika menggambar dengan jari, telapak, dan pergelangan tangannya, anak-anak dapat bebas berkreasi sesuai dengan imajinasi mereka. Finger Painting dilakukan di usia Taman Kanak-Kanak. Sejatinya pada usia TK berada pada masa golden age sehingga perlu lebih ditekankan untuk mengeksplor perkembangan diri anak agar berkembang secara optimal salah satunya dengan kegiatan finger painting ini.

Kegiatan yang dilakukan oleh kelompok 29 mahasiswa KKN-T Universitas PGRI Madiun bersama dengan anak-anak TK Pucangrejo berkreasi dengan finger painting. Anak-anak diberi kertas kosong dan pewarna tangan, lalu anak diminta untuk berkreasi sesuka hati mereka menggambar dengan pewarna menggunakan jari atau telapak tangannya sebagai alat gambar. Warna yang diberikan adalah warna primer (merah, kuning, biru), apabila ingin warna lain anak-anak dapat mencampur warna primer yang telah diberikan sesuai arahan. 

Dok. pribadi

Kegiatan Finger Painting ini bertujuan untuk melatih kreativitas anak serta melatih perkembangan motorik halus anak. Anak-anak menggambar dengan semangat dan antusias, mereka menggambar sesuai dengan keinginan mereka. Dengan adanya kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Kelompok 29 KKN-T Universitas PGI Madiun, harapannya mampu memberikan dampak positif bagi TK Pucangrejo, serta dapat memberikan manfaat dalam pengembangan diri anak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline