Lihat ke Halaman Asli

KKNT27 Tambak Wedi

Akun KKN Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur Kelompok 27

Mahasiswa KKNT27 UPN "Veteran" Jawa Timur, Bantu Terbitkan NIB UMKM di Tambak Wedi

Diperbarui: 30 Mei 2022   11:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembuatan NIB, dokpri

NIB dapat menjadi langkah awal untuk mempercepat proses perizinan usaha. NIB menjadi faktor penting dalam mendirikan suatu usaha agar usaha yang dijalankan dapat lebih mudah dalam memperoleh izin resmi atau legalitas dari pemerintah. NIB ini bisa membantu masyarakat yang kesulitan untuk mendapatkan bantuan maupun pinjaman modal untuk perluasan usahanya. Namun, banyak warga kelurahan Tambak Wedi yang belum mengajukan NIB karena kurangnya edukasi dan akses. Karena itulah, mahasiswa KKNT UPN Veteran Jatim kelompok 27 tergerak untuk membantu para warga Tambak Wedi.

Sebelum melakukan pendataan, kelompok berjumlah 10 orang ini mendapatkan pembekalan materi terkait NIB dari Kelurahan dan Kecamatan. Kelurahan Tambak Wedi menjadi kelurahan pertama bagi mahasiswa KKNT 27 untuk memulai pendataan NIB. Mahasiswa menindaklanjuti pembekalan tersebut dengan membuat pertemuan di Kantor Kelurahan.

Selama melakukan pendataan dan pendaftaran NIB, Kelompok 27 KKNT UPN Veteran Jatim didampingi oleh kepala dusun. Antusias warga Tambak Wedi dalam mendaftar NIB hingga sebanyak 7 jumlah pelaku usaha mendaftar.

Saat ini para pelaku UMKM bisa mendaftarkan usahanya melalui OSS yang dikelola dan diselenggarakan oleh Kementerian Investasi/BKPM. Pada kesempatan kali ini Mahasiswa KKNT 27 telah sukses menerbitkan 7 NIB para pelaku usaha kelurahan Tambak Wedi untuk mendaftarkan usahanya.

Mahasiswa UPN  melakukan kunjungan langsung ke UMKM untuk membantu mendaftarkan NIB, dengan langkah awal yaitu meminta data dilanjut membuatkan akun OSS, hingga pembuatan NIB.

Selain kunjungan langsung ke UMKM, mahasiswa juga membuka posko pelayanan di aula kelurahan Tambak Wedi untuk para UMKM yang membutuhkan pembuatan NIB. Tak hanya itu para mahasiswa UPN juga melakukan pendaftaran NIB secara daring melalui komunikasi whattsap untuk para warga yang kesusahan dalam mengatur waktu pertemuan. Sehingga semua bentuk pelayanan yang dilakukan diharapkan dapat membantu secara maksimal bagi para pelaku usaha kelurahan Tambak Wedi.

Beberapa Pelaku UMKM kelurahan Tanbak Wedi yang berhasil dibantu dalam penerbitan NIB oleh mahasiswa KKN 27 diantaranya yakni Eli Setiawati, Situ Nurmut, Nurita Afrilyani, Nur Nafisah, Nuning Oktaviyanti, Rini Budiharti dan Suprapti.

Program pembuatan NIB ini disambut antusias oleh para warga, sehingga acara dapat berjalan dengan baik dan lancar. Dengan dilaksanakannya program ini, diharapkan untuk membawa manfaat yang positif dan mempermudah mendapatkan dokumen lainnya bagi para pelaku UMKM di kelurahan Tambak Wedi.

Kegiatan pendaftaran NIB di salah satu rumah pelaku UMKM, dokpri




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline