Lihat ke Halaman Asli

KKNT 26 Bulak 2022

KKN Tematik UPN Veteran Jawa Timur

Tingkatkan Strategi Promosi Produk UMKM: Mahasiswa KKN UPN Jatim Melakukan Pendampingan Foto Produk

Diperbarui: 11 Mei 2022   15:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendampingan foto produk UMKM oleh mahasiswa KKN/dokpri

Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia menjadi salah satu sektor usaha yang cukup dominan dijalankan oleh para pelaku usaha. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) merupakan hasil real dari produksi masyarakat setempat atau industri rumahan. 

Pandemi COVID-19 menjadikan tantangan bagi pelaku usaha saat ini. Tidak sedikit pelaku usaha yang gulung tikar akibat pandemi COVID. Namun, banyak juga pelaku usaha yang masih bertahan, terlebih akibat pandemi covid, banyak pelaku usaha yang justru semakin kebanjiran pesanan.

Pelaku usaha yang berhasil survive di masa pandemi tentunya mempunyai strategi tersendiri agar produknya laku di pasaran, bahkan bisa memenuhi permintaan pelanggan. Pandemi covid membuat berubahnya tatanan masyarakat yang semula dilakukan di dunia nyata berubah di dunia maya. Digitalisasi ekonomi merupakan salah satu solusi agar bisnis ataupun usaha tetap bertahan.

Pada dasarnya, ekonomi digital merupakan seluruh aktivitas ekonomi yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan internet dan perangkat digital. Sehingga pengelolaan bisnis UMKM yang berpraktik konvensional berubah menjadi modern. Contohnya pendaftaran produk pada platform e-commerce, pemanfaatan sosial media untuk promosi produk, dll. Sehingga, dengan digitalisasi UMKM harapannya dapat membantu mempromosikan produk lebih cepat dikenal pelanggan. Selain itu, lebih efektif dan efisien.

Dengan adanya UMKM turut serta dalam pemerataan ekonomi masyarakat, sarana mengentas kemiskinan, sarana pemasukan devisa bagi negara. Sehingga UMKM perlu mendapat perhatian khusus dan dukungan dari berbagai pihak terkait.

Mahasiswa KKN Tematik MBKM UPN “Veteran” Jawa Timur melakukan pendampingan foto produk pada UMKM. Foto produk merupakan salah satu faktor yang sangat penting bagi promosi produk. Tidak hanya bisnis besar, pelaku UMKM juga perlu memperhatikan teknik memfoto produk.  

Cara mengkomunikasikan produk dalam bentuk foto yang baik merupakan keahlian yang perlu dilatih agar dapat menjaring pangsa pasar yang lebih luas dalam dunia digital. Produk yang unik dan menarik serta profesional akan terlihat memiliki value added dan sebagai ajang pemasaran melalui sosial media.

Pendampingan foto produk yang dilakukan oleh mahasiswa KKN UPN Veteran Jawa Timur yang berlangsung pada tanggal 18–19 April 2022 menyasar pada UMKM Orlando Pizza Surabaya dengan pelaku usaha yaitu Bu Dian Pangestuti. Orlando Pizza Surabaya beralamatkan di Jl. Bulak Rukem Timur 1i No. 2 (Outlet Pusat) yang buka setiap hari dan Outlet cabang yang beralamatkan di Sentra Ikan Bulak lantai 2 (Depan Taman Suroboyo Kenjeran). Selain itu produk pizza juga tersedia di beberapa platform e-commerce antara lain: Shopee food, Go food, Grab food, Lummoshop, dan Peken Surabaya.

Foto produk yang dipasang di platform e-commerce tentunya harus profesional untuk menarik minat pelanggan. Produk Pizza Orlando memiliki keistimewaan yaitu pizza dimasak dengan dikukus sehingga tetap empuk. Terdapat varian rasa yaitu manis dan gurih dengan topping sebagai nilai plus produk.

Hasil foto produk pizza UMKM/dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline