Lihat ke Halaman Asli

KKNT UNIPMAKelompok

KKN-T UNIPMA KELOMPOK 23

Penerapan 4 Konsesus Dasar pada Peserta Didik dalam Kegiatan Pramuka

Diperbarui: 11 Maret 2022   14:52

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kegiatan pramuka ini merupakan salah satu Program Kerja Unggulan  Bela Negara mahasiswa KKN Tematik MBKM, dimana Kepramukaan pada SDN 01 Bener, Kecamatan Saradan sempat tertunda selama 2 tahun akibat pandemi Covid-19, sehingga kami termotivasi untuk menggerakan kembali kegiatan kepramukaan. pada hari Jumat ( 11/2) dan (18/2) pukul 14.00 hingga pukul 16.00. Kegiatan dilaksanakan baik didalam ruangan ataupun diluar ruangan, kegiatan ini juga memperhatikan protocol kesehatan dengan selalu memakai masker dan menjaga jarak. Kegiatan ini hanya diikuti  siswa- siswi kelas IV dan V, oleh tingkat anggota pramuka siaga dan penggalang.
Dalam kurikulum saat ini terdapat mata pelajaran Pendidikan Karakter sehingga kegiatan pramuka ini juga dapat membantu melatih pengembangan karakter anak. Kegiatan pramuka ini menggunakan metode belajar dan bermain (study and games) sesuai prinsip dasar dan tujuan kegiatan pramuka, setiap pertemuan diadakan games untuk membangun suasana lebih kondusif. Media games ini dapat dilihat, dapat didengar, dan dapat berinteraksi dengan tujuan dapat merangsang reaksi murid terhadap Pembina Pramuka, serta dapat membangun keingintahuan murid terhadap kepramukaan. Dengan media games murid akan lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan tersebut.
Pramuka merupakan suatu kegiatan ektakurikuler wajib yang dilaksanakan. Pada tgl (11/2) Kegaitan ini mengenalkan tentang pemahaman Tri Satya dan Dasar Dharma Pramuka untuk menjadikan siswa-siswi menjadi generasi yang cinta tanah air,semangat bela negara,jiwa sosial tinggi, dan berfikir kreatif. Dan pada tgl (18/2) mengadakan lomba menyanyikan hymne pramuka dengan kegaiatan ini melatih keberanian, percaya diri tampil agar mempunyai mental yang tangguh didepan umum pada siswa-siswi SD Negeri 01Bener, dalam kegiatan ini siswa-siswi mendapatkan apresiasi berupa makanan ringan. Hasil yang didapat dalam kegiatan ini yakni antusias dari siswa-siswi SD Negeri 01 Bener untuk mengikuti kepramukaan. Selain itu kegiatan kepramukaan selalu hadir dalam suasana yang menyenangkan, sehingga menambah semangat siswa-siswi untuk mengikuti kepramukaan.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline