Lihat ke Halaman Asli

Kknt2023sambungrejo

Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Antusiasme Peserta Cek Kesehatan Gratis Penuhi Gedung Dakwah Muhammadiyah Sukodono

Diperbarui: 14 Juni 2023   16:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

kkntsambungrejo_2023

Minggu, 4 Juni 2023 diadakan Musyawarah Pimpinan Cabang Muhammadiyah ranting Sukodono. Di tengah-tengah kegiatan musyawarah juga diadakan kegiatan cek Kesehatan gratis untuk masyarakat sekitar. Di bantu oleh RS Siti Khodijah Sepanjang dan mahasiswa KKN-T kelompok 19 & 20. Antusias warga sekitar sangat tinggi untuk menghadiri cek Kesehatan gratis yang diadakan oleh PCM Sukodono. Cek Kesehatan gratis ini meliputi cek tekanan darah, Spo2 dan konsultasi dengan dokter mengenai keluhan yang dialami oleh pasien. Setelah itu diberikan obat sesuai dengan keluhan pasien. Kegiatan cek Kesehatan gratis ini merupakan salah satu wujud kepedulian Muhammadiyah terhadap Kesehatan lingkungan di sekitar ranting.

Selain itu kegiatan ini menambah kepedulian warga terhadap Kesehatan mereka dan memberikan saran dan edukasi atas semua keluhan yang dialami warga. Kebanyakan warga yang datang berumur 35 tahun ke atas, dengan bermacam-macam keluhan. Mulai Sakit kepala, Pegal linu, kaki kesemutan dan badan meriang. 

Pada dasarnya semua keluhan itu berasal dari pola makan, dan pikiran. Sehingga dokter memberikan saran seperti pantangan yang seharusnya tidak dilakukan pasien di tengah kondisi yang mereka alami. Kurangnya kesadaran masyarakat terhadap pola makan membuat kondisi mereka semakin memburuk. Sehingga saran dari dokter ini sangat di butuhkan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan bisa membantu warga untuk bisa mengontrol Kesehatan meraka dan meredakan keluhan yang disarakan.

RS.Siti Khodijah menyediakan obat obatan dan beberapa vitamin yang diberikan kepada warga secara gratis. Kegiatan yang dimulai dari jam 08.00 -- 12.00 siang ini diikuti hampir 50 peserta dan beberapa tenaga Kesehatan dari RS.Siti Khodijah. "Sebagian besar warga yang mengikuti cek Kesehatan gratis adalah penderita hipertensi baik yang sudah melakukan pengobatan secara rutin maupun tidak " Ujar Dokter Aldi dari RS.Siti Khodijah.

cek update KKN-T Universitas Muhammadiyah Sidoarjo ranting SambungRejo di Instagram @kkntsambungrejo_2023




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline