Lihat ke Halaman Asli

KKNT 17 Semaji Kemasan UMSIDA

KKN Terpadu Universitas Muhammadiyah Sidoarjo Desa Semaji Kemasan 2024

Membangun Jaringan UMKM, KKNT Umsida Adakan Sosialisasi Pemasaran Media Sosial

Diperbarui: 3 Agustus 2024   16:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosialisasi KKNT 17 UMISDA Semaji Kemasan/dokpri

Minggu, (28/07/2024) Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN-T) Universitas Muhammadiyah  kelompok 17 melaksanakan program kerja dalam rangka sosialisasi umkm yang diramaikan oleh ibu-ibu Aisyiyah di Desa Semaji Kemasan. Kegiatan yang bertajuk “Strategi Pemasaran Media Social yang Efektif” ini dilaksanakan di Mushola Ali-Imron dengan tujuan memberikan sosialisasi dan pendampingan kepada ibu-ibu Aisyiyah dalam strategi pemasaran serta pendampingan pembuatan makanan dan minuman yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat Desa Kemasan, Kecamatan Krian. Tak hanya memberikan sosialisasi, KKN-T Kelompok 17 menyajikan proses pembuatan makanan salad buah dan minuman mejiku jelly secara langsung. Dengan semangat dan antusias, ibu-ibu ikut berpartisipasi membuat salad buah dan es mejiku jelly bersama-sama dengan mahasiswa KKN-T Umsida.

Setelah sesi praktek pembuatan produk, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi dan pendampingan strategi pemasaran melalui media sosial. Dua peserta KKN-T Widya Kusuma Dewi dan Hananta (Manajemen) diajukan sebagai pengisi materi yang meliputi cara membuat konten menarik, penggunaan platform media sosial yang efektif, dan strategi pemasaran digital lainnya. Ibu-ibu Aisyiyah diajak untuk turut serta dalam mempraktekkan pembuatan konten pemasaran produk yang telah dibuat, sehingga mereka dapat melihat langsung hasil dari pembelajaran tersebut.

Menurut salah satu peserta, selaku anggota pimpinan Ranting Aisyiyah dari majelis HAM dan Hukum, “Acara kegiatan ini sangat bagus dan sesuai dengan kebutuhan. Kebetulan ranting Aisyiyah membutuhkan pemasaran secara digital. Dengan adanya sosialisasi pemasaran ini menambah wawasan, yang biasanya dijual hanya pada kalangan anggota ranting saja, InsyaaAllah bisa berkembang untuk bisa dipasarkan di luar sehingga bisa bersaing dengan lingkungan dan pasar yang lagi booming. Sasarannya sudah tepat, diharapkan ke depannya dapat dimajukan lagi," ujar Ibu Ida Wahyuni.

Salad buah adalah salah satu makanan kekinian yang sedang digandrungi dan diminati oleh semua umur karena bahan nya yang dari buah dan dianggap menyehatkan. Berbagai macam respon positif muncul dari kegiatan ini karena mudahnya cara pembuatan salad buah dan es mejiku jelly yang telah diinovasi. Ibu-ibu Aisyiyah menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat dan berharap agar kegiatan serupa dapat terus dilakukan di masa depan untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan masyarakat dalam berbagai bidang. Kegiatan ini dilakukan dengan harapan dapat membantu masyarakat untuk lebih mandiri dan kreatif dalam memanfaatkan peluang ekonomi yang ada di sekitar mereka.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline