Lihat ke Halaman Asli

KKNT MBKMKELOMPOK

KKN-T MBKM KELOMPOK 16

Kegiatan Bimbingan Belajar Guna Meningkatkan Kualitas Pendidikan dan Pengetahuan Anak-Anak untuk Menghadapi Perubahan dan Perkembangan Zaman

Diperbarui: 6 Februari 2024   07:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Kegiatan Kelompok 16

Bimbingan belajar adalah kegiatan pembelajaran tambahan yang dilakukan di luar sekolah dan ditawarkan kepada anak-anak dan orang dewasa untuk meningkatkan pengetahuan mereka. Bimbingan belajar memberikan manfaat yang besar bagi anak dan mempunyai nilai positif karena melalui bimbingan belajar anak mengetahui atau lebih memahami materi-materi yang mungkin belum diajarkan di sekolah atau diajarkan di sekolah.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKN-T) dari Universitas PGRI Madiun turut serta dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan di Desa Gayan, khususnya di Dsusun Kepuh. Dengan penuh semangat dan komitmen, Mahasiswa KKN-T kelompok 16 UNIPMA menjalankan program bimbingan belajar anak-anak sekolah, bertempat di rumah kepala dusun dan ibu RT setempat. Program ini diadakan secara rutin setiap jam 15.00, menciptakan suatu kegiatan yang konsisten dan terjadwal.

Program bimbingan belajar yang diadakan di beberapa tempat, terbuka untuk anak-anak belum sekolah, sekolah TK, dan anak SD dari kelas 1-6 yang ingin meningkatkan serta menembangkan pengetahuan mereka. Mahasiswa KKN-T UNIPMA membawa materi yang disesuaikan dengan kurikulum sekolah setempat dan memberikan bantuan khusus untuk mata pelajaran yang dianggap sulit.

Setiap jam 15.00 pada hari-hari tertentu, anak-anak sekolah Dusun Kepuh, Desa Gayam berkumpul di rumah kepala dusun dan ibu RT sekitar. Mahasiswa KKN-T dengan berbagai latar belakang ilmu dan keahlian turut berkontribusi dalam memberikan bimbingan akademis, membantu anak-anak dalam pemahaman materi pelajaran, dan memberikan dukungan untuk tugas sekolah.

Selain aspek akademis, kegiatan ini juga dirancang untuk memberikan ruang bagi pengembangan karakter dan potensi anak-anak sekitar atau dusun Kepuh. Mahasiswa KKN-T berupaya menciptakan suasana yang interaktif dan menyenangkan, di mana anak-anak dapat belajar dengan lebih efektif sambil menikmati proses kegiatan. Partisipasi orang tua juga menjadi faktor penting dalam keberhasilan program ini. Mahasiswa kelompok 16 KKN-T berinteraksi dengan orang tua untuk memberikan pemahaman tentang metode atau strategi pembelajaran yang diterapkan dan memberikan saran untuk mendukung proses belajar yang baik untuk anak-anak di rumah.

Tujuan bimbingan belajar adalah membantu siswa agar mencapai perkembangan yang optimal, sehingga tidak menghambat perkembangan siswa. Siswa yang perkembangannya terhambat atau terganggu akan berpengaruh terhadap perkembangan atau kemampuan belajarnya. Tujuan lain bimbingan belajar adalah untuk membantu mengoptimalkan kemampuan siswa dan memecahkan kesulitan-kesulitan yang dihadapi oleh siswa. Tentu bimbingan belajar tidak akan digalakkan jika tidak memiliki banyak manfaat bagi anak. Nah, berikut ini beberapa manfaat dari mengikuti bimbingan belajar, 1. Membantu Anak Menyerap Pelajaran dengan Lebih Mudah, 2. Meningkatkan Jiwa Sosialisasi Anak, 3. Mengisi Waktu Luang Anak dengan Hal Positif, 4. Membentuk Pergaulan Positif

Selain beberapa manfaat di atas, kegiatan bimbel juga memiliki fungsi tersendiri bagi peserta didik. Kegiatan bimbel berfungsi untuk meningkatkan kemampuan anak memahami materi yang belum dimengerti. Selama proses bimbingan belajar, anak bisa mengasah kecekatannya dalam mengerjakan tugas secara benar. Mengikuti bimbingan belajar sangat berfungsi untuk meningkatkan daya fokus anak dalam mengikuti pelajaran di sekolah maupun lembaga lain.

Dosen Pembimbing Lapangan: Apri Kartikasari, H.S, S.Pd., M.Pd 

Nama Ketua: Melas Ilhan Mujni 

Nama Penanggungjawab: Elfina Prameswari Putri

Nama Kelompok: Kelompok 16




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline