Lihat ke Halaman Asli

KKNT KEL15 UPNVJT 2022

KKN-T KEL 15 UPNVJT

Kelompok 15 KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur: Menggali Potensi untuk Mengembangkan UMKM di Kelurahan Kertajaya Kota Surabaya

Diperbarui: 16 Maret 2022   12:40

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Surabaya (8/3/22) -- Kelompok 15 Peserta KKN Tematik Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Jawa Timur telah mengadakan survei terkait lokasi KKN-T dengan Skema Kewirausahaan dan Ekonomi Kreatif di Kelurahan Kertajaya Kecamatan Gubeng Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur pada Selasa (8/3/22). Kegiatan ini dilakukan oleh perwakilan kelompok 15 yang berjumlah 10 mahasiswa.

Dalam kesempatan ini kami bertemu langsung dengan Ketua RW 07 Kelurahan Kertajaya. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melakukan survei terkait kondisi UMKM pada RW 07 tersebut. Kegiatan survei ini bertujuan untuk mengumpulkan informasi di lapangan sehingga mempermudah dalam penyusunan Program Kerja KKN-T MBKM yang akan dilaksanakan pada bulan Maret s.d. Juni 2022. 

Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengetahui kondisi lingkungan masyarakat serta potensi UMKM di Kelurahan Kertajaya. Berdasarkan survei yang telah dilakukan, terdapat beberapa UMKM yang telah dikembangkan di RW 07 Kelurahan Kertajaya Kota Surabaya tersebut. 

UMKM yang telah dikembangkan sangat beragam, diantaranya adalah kerajinan tangan dengan membuat tas, dompet, tas untuk botol, dan lain sebagainya. Kerajinan tangan tersebut dibuat dengan bahan dasar tali kur dan kain sisa gorden yang selanjutnya dihias dengan lukisan sampai disulam menggunakan pita. Selain itu terdapat kerajinan tangan dengan mendaur ulang dari ban bekas. 

Kerajinan tangan RW 07 ini sudah cukup meluas sehingga beberapa kali mengikuti pameran yang diadakan oleh Pemerintah Kota Surabaya. Mayoritas masyarakat Kelurahan Kertajaya yang telah mengembangkan UMKM tersebut adalah ibu rumah tangga. Mereka mengembangkan UMKM tersebut untuk menambah penghasilan guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. Berikut ini adalah kerajinan tangan yang telah dibuat dengan kreativitas warga RW 07.

Tas dan dompet dari bahan tali kur 

dokpri

Tas dan Dompet dari bahan sisa korden dengan lukisan dan sulam pita

Selain kerajinan tangan, warga RW 07 Kelurahan Kertajaya Kota Surabaya juga menjual olahan makanan dari bahan kedelai yaitu olahan keripik tempe dan tempe bacem. Olahan tempe ini dijual kepada tetangga sekitar RW 07 Kelurahan Kertajaya. Berikut ini adalah olahan tempe dari RW 07 Kelurahan Kertajaya.
 

dokpri

Olahan Keripik Tempe dan Tempe Bacem

Berdasarkan survei yang telah dilakukan, masih kurang luasnya pemasaran serta belum adanya pengembangan inovasi produk, sehingga diperlukannya sebuah program untuk mengatasi permasalahan tersebut agar UMKM berkembang lebih luas. Rencana program kerja KKN-T berfokus pada pengembangan kewirausahaan dan ekonomi kreatif di Kelurahan Kertajaya. Beberapa program kerja yang telah direncanakan yaitu, Penyuluhan Enterpreneur Mindset, Penyuluhan Branding Produk, Penyuluhan Digital Marketing, dan lain-lain. Penyuluhan ini juga akan didampingi dengan pelatihan dan praktik sehingga diharapkan warga RW 07 dapat menerapkan program kerja dan dapat membantu untuk mengembangkan produk mereka ke pemasaran yang lebih luas.


Diharapkan dengan diadakannya program kerja dari Kelompok 15 KKN-T MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur ini dapat membantu mengembangkan UMKM di Kelurahan Kertajaya agar dapat melakukan pemasaran lebih luas dan produk mereka dikenal oleh banyak orang.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline