Lihat ke Halaman Asli

KKNT119 MBKM UPN Veteran Jatim

Akun Kelompok 119 KKN Tematik MBKM

Beri Pendampingan Pembuatan Laporan Keuangan Sederhana oleh Kelompok 119 KKN-T UPN Jatim Ke UMKM Binaan Probolinggo

Diperbarui: 29 Juli 2022   10:31

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Probolinggo (10/06/2022) -- Mahasiswa KKN Tematik MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur Kelompok 119 yang bertempat di Desa Tempuran Kecamatan Bantaran Kabupaten Probolinggo melakukan pendampingan kepada pelaku usaha dengan membuat pencatatan keuangan usaha. Kegiatan ini dilakukan kepada salah satu UMKM binaan kelompok 119 yaitu Singkong Jaya. Tujuan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman bahwa pencatatan keuangan dapat menggolongkan data transaksi keuangan dan mengetahui perbedaan pada setiap sisi akun yang telah dicatat.

Koordinasi awal dilakukan bersama dosen pembimbing lapangan yaitu Taufikurrahman, kepala desa Tempuran, dan juga pelaku usaha UMKM. Hasil koordinasi menyatakan bahwa masih sedikit pengetahuan masyarakat mengenai pengelolaan keuangan terutama pencatatan pada akun debit dan kredit.

Kegiatan dimulai dengan memberikan pengetahuan dasar mengenai laporan keuangan yang sederhana seperti buku kas pengeluaran dan buku kas pemasukan. Kelompok 119 menegaskan bahwa pencatatan buku kas pengeluaran berisi Pengeluaran seperti biaya pembelian bahan baku untuk produksi, biaya operasional usaha, gaji untuk pegawai dan pengeluaran lain yang mendukung dibukanya usaha tersebut. Sedangkan buku kas pemasukan berisi transaksi dari pelanggan dan dapat dijadikan acuan setiap transaksi pengeluaran yang hendak dilakukan.

Hasilnya, pelaku usaha mulai menerapkan pencatatan laporan keuangan untuk kedepannya dan harapan dari kelompok 119 agar pelaku usaha tersebut mengetahui besarnya keuntungan atau kerugian bisnis yang dijalani dan dapat menjadi bahan evaluasi kedepannya untuk memutuskan apakah bisnis yang sedang dijalani dapat memanfatkan peluang yang ada dengan kondisi keuangan yang baik.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline