Lihat ke Halaman Asli

KKNT KEL100

KKNT MBKM UPN Veteran JawaTimur Kelompok 100

Mahasiswa UPN Veteran JATIM Mendampingi UMKM dalam Pembuatan NIB

Diperbarui: 15 Juni 2022   14:50

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Ngampungan, (Senin, 25/04/2022) - Nomor Izin Berusaha (NIB) merupakan identitas pelaku usaha yang diterbitkan oleh lembaga OSS. Penerbitan NIB diatur dalam Peraturan Pemerintah No.24 Tahun 2018 pasal 1 ayat 12 tentang Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik melalui lembaga Online Single Submission (OSS).

Selain sebagai identitas dan untuk legalitas usaha, pembuatan NIB bagi UMKM juga sangat bermanfaat. Salah satunya sebagai syarat bagi UMKM untuk ikut serta dalam program-program yang diadakan pemerintah.

Selain itu, usaha mikro yang telah mengantongi NIB nantinya akan diprioritaskan pemerintah untuk mendapatkan bantuan dana pengembangan. Regulasi yang dipermudah oleh pemerintah bagi UMKM yang memiliki NIB membuka jalan bagi usaha tersebut untuk berkembang dan melakukan ekspansi.

Pembuatan NIB disambut antusiasme oleh para pelaku UMKM di Desa Ngampungan, Mahasiswa UPN Veteran Jawa Timur melakukan pendampingan pembuatan Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Ds. Ngampungan, Kec. Bareng, Kab. Jombang. Mereka tergabung dalam kelompok KKN Tematik MBKM UPNVJT Kelompok 100.

Mahasiswa membantu pelaku UMKM dalam mendaftarkan usahanya, mulai dari pembuatan akun OSS, menginput data diri dan jenis usaha, serta proses lainnya hingga terbitnya NIB pelaku usaha mikro tersebut.

Penyerahan izin Usaha berupa Nomor Induk Berusaha (NIB) oleh KKNT MBKM Kelompok 100. Output-nya berupa sertifikat NIB dalam bentuk soft file maupun printout

Dokpri

Nama Penulis  : Dynda Tri Widyastuti

DPL                : Ibu Kusuma Wardhani Mas'udah.S.Si., M.Si.

PIC                  : Eka Restu Justitian S.Kom




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline