Lihat ke Halaman Asli

KKNT MBKM04

Mahasiswa di UPN Veteran Jawa Timur

Sosialisasi Kepada UMKM Untuk Pengembangan Usaha

Diperbarui: 27 Oktober 2022   16:34

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa KKN-T UPN "Veteran" Jawa Timur telah melakukan gali potensi UMKM di desa Pakel. Dari hasil gali potensi yang telah dilakukan kami menemukan permasalahan-permasalahan yang dirasakan oleh para UMKM di desa ini, diantaranya kurangnya pengetahuan tentang teknologi untuk pemasaran produknya. Selain itu, para UMKM juga belum maksimal dalam memanfaatkan internet dalam melakukan pemasaran produknya.

Kelompok 4 Mahasiswa KKN-T UPN "Veteran" Jawa Timur berusaha memberikan solusi terhadap permasalahan UMKM yang ada. Pada tanggal 25 Oktober 2022, kami melakukan sosialisasi tentang branding produk, digital marketing, dan e-commerce di Balai Desa Pakel. Kami berusaha membantu UMKM dalam mempromosikan produknya agar lebih dikenal dan diterima oleh masyarakat luas. Kami saling bertukar ilmu tentang bagaimana cara memanfaatkan teknologi informasi untuk memaksimalkan pemasaran produk UMKM di desa Pakel.

Dokpri

Kami saling mendengarkan keluh kesah serta kendala-kendala yang dirasakan oleh para pelaku UMKM di desa Pakel, antara lain tentang cara melakukan promosi di media sosial, penggunaan e-commerce contohnya shopee, dan tentang bagaimana pembuatan Nomor Izin Berusaha (NIB). Sosialisasi berlangsung dengan baik dan lancar karena warga sangat antusias dalam sosialisasi ini.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline