Lihat ke Halaman Asli

KKNT MBKM04

Mahasiswa di UPN Veteran Jawa Timur

Kelompok 4 KKNT MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur Melakukan Pembinaan UMKM Bu Anisah di Dusun Curahrejo Desa Pakel, Bareng, Jombang

Diperbarui: 29 Oktober 2022   15:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dok. pribadi

Kelompok empat KKNT MBKM UPN "Veteran" Jawa Timur melakukan pembinaan di salah satu UMKM di Desa Pakel. UMKM yang dibina ialah UMKM milik Bu Anisah. Bu Anisah merupakan pelaku UMKM menengah yang bergerak di bidang kuliner. Bu Anisah memproduksi kuliner jenis keripik - keripik yang terbuat dari pisang, kaspe, tepung untuk rempeyek dan lain - lain. Sesuai  dari skema KKNT MBKM yaitu desa ekonomi kreatif dan kewirausahaan, program yang dibuat oleh kelompok empat adalah memberikan pembinaan berupa digital marketing, e-commerce, dan branding produk.

Bu Anisah menyambut dengan baik program yang kelompok empat berikan. Kelompok empat membantu UMKM Bu Anisah dengan membuatkan akun seperti Facebook, Instagram dan Shopee serta logo untuk UMKM Bu Anisah. Brand yang kelompok empat berikan untuk UMKM Bu Anisah adalah Camilan by Anisah. 

Bu Anisah merasakan dampak positif dari adanya brand tersebut dan meningkatkan jumlah pesanan yang masuk ke Bu Anisah. 

"Terima kasih mas - mas dan mbak - mbak baru logo yang di Facebook sudah ada orang yang mulai bertanya tanya dan memesan ke saya" ujar Bu Anisah.

Kelompok empat juga melakukan monitoring kepada UMKM Bu Anisah dalam memulai menggunakan media pemasaran yang ada. Bu Anisah sangat terbantu dengan adanya program yang dibuat oleh kelompok empat tersebut.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline