Lihat ke Halaman Asli

KKNT MBKM04

Mahasiswa di UPN Veteran Jawa Timur

Gali Potensi UMKM di Desa Pakel Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang

Diperbarui: 13 Oktober 2022   17:22

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Mahasiswa UPN “Veteran” Jawa Timur melaksanakan KKN tematik MBKM dengan skema yang dipilih oleh kelompok 4 adalah kewirausahaan dan ekonomi kreatif. Kabupaten Jombang adalah salah satu kabupaten yang memiliki banyak UMKM yang berbeda-beda mulai dari usaha keripik, roti, jamu, dan masih banyak jenis lainnya. UMKM di kabupaten Jombang ini sangat berpotensi untuk dikembangkan kedepannya karena melihat kemampuan serta antusias para pemilik UMKM yang sangat besar mengenai produk yang mereka produksi.

Kelompok 4 melakukan survey ke beberapa UMKM dengan jenis usaha yang berbeda-beda di desa Pakel. Survey dilakukan untuk lebih mengetahui kemampuan dan kendala dari pemilik UMKM selama mereka menjalani usahanya. Produk-produk UMKM yang telah kami kunjungi antara lain usaha keripik gadung, peyek, puli, jamu, bumbu, pentol, keripik pisang, stik keju, dan keripik singkong.

Dari survey yang telah dilakukan oleh kelompok 4 masalah dan kendala yang dapat kami simpulkan bahwa masyarakat belum bisa memahami teknologi dalam memasarkan produknya seperti e-commerce, bahkan menggunakan WhatsApp pun mereka masih kebingungan. Kami melakukan analisis permasalahan yang dirasakan oleh para pelaku UMKM dan kami berusaha untuk memberikan solusi atas permasalahan mereka. Solusi yang diberikan diharapkan dapat memberikan nilai tambah pada produk UMKM serta membantu mengembangkan usaha mereka kedepannya.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline