Lihat ke Halaman Asli

Edukasi Cara Menyikat Gigi yang Baik dan Benar

Diperbarui: 25 Maret 2023   03:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi pribadi

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Banjarmasin melakukan pengabdian masyarakat di Desa Samuda, Kecamatan Belawang. Masalah stunting adalah masalah yang umum dihadapi oleh masyarakat salah satunya pada masyarakat Desa Samuda, Kecamatan Belawang, Barito Kuala. Masalah berkaitan dengan stunting adalah saat anak belum bisa memahami cara menyikat gigi dengan baik dan benar, banyak juga dari masyarakat yang menyepelekan kebersihan. Hal ini terjadi karena terkendala oleh kebiasaan pola hidup masyarakat. 

Menurut Abdat (2019) salah satu penyakit organ mulut dapat menjadi faktor terjadinya stunting. Usia sekolah merupakan masa dimana anak ingin bermain dan ngemil sembarangan tanpa memperhatikan kesehatan gigi dan mulutnya, maka dari itu perlu ditanamkan pada anak kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan giginya. 

Karies gigi atau gigi berlubang adalah salah satu penyakit gigi yang berlangsung lama, jika penyakit tersebut dialami oleh anak-anak dapat menyebabkan dan mempengaruhi nafsu makan, asupan gizi dan nutrisi sehingga dapat mengakibatkan gangguan pertumbuhan yang pada akhirnya akan mempengaruhi status gizi pada anak, yang dapat menyebabkan stunting.

Observasi dan wawancara dilakukan sebelum pelaksanaan kegiatan yakni pada 20 Februari 2023 dan 23 Februari 2022. Setelah itu pelaksanaan kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 25 Februari 2023 dengan melibatkan siswa-siswi kelas 3 dan 4 dengan rentang usia 9-10 tahun dengan total jumlah siswa 21 orang.

Dokumentasi Pribadi

Dokumentasi Pribadi

Berdasarkan permasalahan di atas, kegiatan pengabdian masyarakat ini difokuskan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa SDN Samuda tentang pentingnya menyikat gigi dengan baik dan benar, serta pentingnya membangun kebiasaan menyikat gigi sejak dini. Kegiatan ini dilaksanakan dengan metode edukasi yang sesuai dengan dunia anak-anak diantaranya edukasi dengan bermain dan menonton video animasi, praktik menyikat gigi secara langsung dan pemberian hadiah kepada siswa.

Dokumentasi pribadi

Pemahaman masyarakat dan anak-anak terkait Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) serta mengenai edukasi cara menyikat gigi yang baik dan benar sangatlah penting, dengan harapan setelah kegiatan ini terlaksana masyarakat terutama anak-anak dapat mengimplentasikan hal tersebut menjadi kebiasaan atau perilaku yang dapat diterapkan pada kehidupan sehari-hari.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline