Lihat ke Halaman Asli

Sosialisasi Imunisasi kepada Orangtua Secara Door to Door

Diperbarui: 25 Maret 2023   00:19

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Barito Kuala 2023 -- Sekitar 2 bulan sebelum saya dan rekan -- rekan kelompok pengabdian saya melakukan kegiatan kami di Desa Samuda yang telah menjadi lokasi pengabdian kami selama 1 bulan lebih, kami mengunjungi desa untuk melakukan pengamatan dan tanya jawab kepada beberapa bagian pemberdaya desa baik dari balai desa posyandu, dan yang lainnya. pada saat sesi tanya jawab dengan ibu Novi Yanti sebagai kader pembantu masyarakyat yang sedang bertugas di posyandu.

Beliau menggambarkan sedikit masalah yang mereka hadapi dalam usaha mencegah stunting yaitu susah bagi beliau dan rekan -- rekan posyandu mengajak orang tua anak untuk ikut imunisasi rutin. Adapun alasan hal ini terjadi disebabkan oleh pola pikir orang tua yang masih paranoid dengan efek setelah imunisasi seperti anak yang sakit setelah diajak ke posyandu, ada juga yang memang malas dan merasa anaknya tetap baik -- baik saja walau tidak di imunisasi. Dari gambaran masalah yang disebutkan tadi saya berniat untuk memlakukan kegiatan yang bertujuan untuk membantu menangani masalah ini.

Dokpri

Pada tanggal 2 Maret 2023, saya Ahmad Aqli dan juga Herda Ariyani melaksanakan kegiatan pengabdian untuk melakukan sosialisasi kepada orang tua anak di desa Samuda dan untuk kegiatan ini ibu Novi Yanti ikut serta membantu dalam penyampaian edukasi imunisasi. Untuk target yang kami tetapkan adalah rumah tangga dengan anak berumur 1 tahun kebawah, hal ini didasarkan oleh 1000 hari kehidupan anak yang mana kurang lebih 2 tahun awal kehidupan anak itu sangat berdampak untuk masa depannya sehingga kami berharap dapat menuntun orang tua untuk ikut mengajak anaknya imunisasi agar hasil imunisasi lebih optimal.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline