Lihat ke Halaman Asli

KKN Sumber Salak 2023

Kelompok KKN Kolaborasi 188

KKN 188: Tuntas Tugas Mahasiswa KKN Kolaboratif Kelompok 188 di Desa Sumbersalak

Diperbarui: 30 Agustus 2023   12:23

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Perpisahan dengan Perangkat Desa Sumbersalak

Perpisahan mahasiswa KKN Kolaboratif di Desa Sumbersalak diwarnai dengan momen haru. Tidak terasa sudah genap 40 hari KKN Kolaboratif kelompok 188 berada di Desa Sumbersalak dalam melaksanakan tugasnya. Hal ini menandakan bahwa tugas untuk mengabdi ke masyarakat Desa Sumbersalak telah usai.

Kilas balik program utama dari KKN Kolaboratif kelompok 188 berupa sosialisasi pencegahan dan bahaya stunting serta pentingnya melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Adapun target dan sasaran dari kegiatannya adalah para siswa sekolah dan Ibu-ibu desa. Setiap kegiatan telah yang dilakukan ini pun memiliki hubungan erat dengan masyarakat setempat.

Hari demi hari berjalan, kegiatan kami sudah terlaksana dan telah usai. Kami berinisiatif untuk mengadakan perpisahan dengan pihak perangkat desa dan tetangga sekitar posko kami berada. Kemudian perwakilan kelompok juga diundang pertemuan di Kecamatan untuk berpamitan dengan Bapak Camat Ledokombo.

Pada hari kamis 26 Agustus 2023 pukul 09.00 WIB, kami bergegas menuju Kantor Desa Sumbersalak untuk mengadakan perpisahan dengan perangkat desa setempat. Susunan acara dimulai dengan pembukaan, sambutan-sambutan,penyerahan kenang-kenangan, pemotongan tumpeng, doa, dan penutup.

Ucapan terima kasih disampaikan oleh Dosen Pembimbing Lapang (DPL) kami yaitu Ibu Yuningsih S.ST M.Keb kepada perangkat dan warga desa yang telah bersedia menerima mahasiswa KKN Kolaboratif 188 untuk menimba ilmu di desa tersebut. Permohonan maaf pun turut disampaikan apabila ada hal-hal yang kurang berkenan dari mahasiswa KKN selama ada di desa tersebut.

Bapak Ubet Rovian selaku Sekretaris Desa menanggapi dengan senang hati menerima mahasiswa KKN di Desa Sumbersalak. Beliau juga berharap bahwa apa yang didapat dari selama KKN di desa tersebut dapat bermanfaat untuk kedepan, serta semangat terus untuk mahasiswa dalam melanjutkan pendidikannya di bangku perkuliahan.

Setelah keduanya memberikan sambutan, selanjutnya terdapat sesi penyerahan kenang-kenangan dan pemotongan tumpeng. Penyerahan kenang-kenangan dan pemotongan tumpeng dilakukan sebagai simbol ucapan terimakasih dan rasa syukur telah melaksanakan KKN di Desa Sumbersalak.

Kemudian tepat pukul 10.15 perwakilan kelompok kami bergegas untuk menghadiri undangan di kecamatan yang juga mengagendakan acara perpisahan untuk mahasiswa KKN di Kecamatan Ledokombo. Dalam rangkaian acara tersebut, salah satunya juga di isi dengan sambutan Bapak Camat yaitu Drs. Mochamad Suryadi, M.Si. Beliau juga berpesan untuk mahasiswa tetap semangat dalam melanjutkan pendidikan di bangku perkuliahan.

Hari Jum'at pukul 07.30 momen haru terjadi, dimana kami saling merangkul terharu karena harus berpisah dan kembali ke tempat tinggalnya masing-masing. Hal yang sama juga terjadi ketika kami berpamitan kepada warga sekitar posko, mereka tampak berkaca-kaca dan tidak bisa dipungkiri tetesan air mata ketulusan merekapun juga tercurahkan.

Pada akhirnya kegiatan KKN yang kami lakukan merupakan hal yang tak ternilai harganya, banyak ilmu yang kami peroleh dari Desa Sumbersalak. Harapan kami ke depan semoga kegiatan yang kami lakukan dapat berdampak positif bagi masyarakat Desa Sumbersalak.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline