Lihat ke Halaman Asli

KKN SUMBERJOUM

AKUN KKN UM DESA SUMBERJO

Mahasiswa KKN UM 2019 Menyelenggarakan Pelatihan Batik Ikat

Diperbarui: 6 Juli 2019   11:13

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Senin, 1 Juli 2019. Mahasiswa KKN-UM 2019 di Desa Sumberjo melaksanakan salah satu program kerja yaitu pelatihan pembuatan batik ikat. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Balai Desa Sumberjo Kecamatan Sanankulon Blitar dan diikuti oleh 22 peserta dari PKK Desa Sumberjo.

Kegiatan ini dimulai pukul 9 pagi. Acara pertama adalah sambutan dari ketua pelaksana dan dilanjutkan dengan pemberian materi oleh Ibu Winarti Zulaikah S.Pd dan Drs.Slamet yang merupakan penggiat batik di Kabupaten/Kota Blitar. Acara selanjutnya adalah praktik mengikat dan pewarnaan kain batik.

Acara pelatihan ini dinilai sukses karena antusias peserta yang tinggi dalam menerima materi dan melakukan praktik mulai dari proses mengikat, pewarnaan dan penjemuran. Salah satu peserta mengungkapkan bahwa ingin kegiatan ini ditindaklanjuti dan ingin mengembangkan pembuatan batik di Desa Sumberjo.

"Pelatihan pembuatan batik ikat dipilih oleh mahasiswa KKN-UM 2019 karena teknik pembuatannya yang masih sederhana dan sesuai untuk seorang pemula" ungkap Wening Arum selaku ketua pelaksana. Pelatihan ini bertujuan untuk mengingkatkan keterampilan dan kemampuan PKK Desa Sumberjo dalam upaya untuk mendorong terbentuknya usaha-usaha baru di Desa Sumberjo.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline