Lihat ke Halaman Asli

Mahasiswa KKN UINSA Gelar Edukasi Pemenuhan Gizi Balita dengan Perbaikan Menu Makanan Sehat di Desa Sumberdawesari

Diperbarui: 18 Juli 2024   18:15

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi Pribadi KKN46

Sumberdawesari, Pasuruan -- Pada Hari Rabu, 17 Juli 2024 mahasiswa KKN UINSA gelar edukasi pemenuhan gizi balita dengan perbaikan menu makanan sehat di Desa Sumberdawesari bersama ahli gizi dari Puskesmas Grati dan Kader Posyandu Kenanga Dusun Jrebeng Desa Sumberdawesari.

Pada pagi hari, Kader Posyandu Kenanga dan mahasiswa KKN UINSA melaksanakan posyandu balita yang bertempat di Madhin Hidayatus Salafiyah Dusun Jrebeng Desa Sumberdawesari. Kegiatan posyandu terdiri dari pengurukuran lingkar kepala, pengukuran berat badan dan tinggi badan, imunisasi, serta pemberian obat cacing kepada balita dengan takaran tertentu. Setelah itu, dilanjutkan dengan kegiatan edukasi mengenai pemenuhan gizi balita dengan perbaikan menu makanan yang sehat.

Dokumen Pribadi KKN46

Edukasi yang digelar oleh mahasiswa KKN UINSA mengundang pemateri dari Puskesmas Grati, yaitu Ibu Tata seorang ahli gizi. Beliau menyampaikan bahwa salah satu tips untuk memenuhi gizi balita dengan tidak memberikan mereka camilan sebelum makan karena nantinya akan mempengaruhi nafsu makan dan gizi tidak dapat terpenuhi dengan optimal. Menurutnya, Posyandu dapat menjadi pedoman atau inspirasi dalam pemilihan menu makanan sehari -- hari yang sehat dan bergizi. 

Dokumen Pribadi KKN46

Setelah edukasi, dilanjutkan dengan pelaksanaan demonstrasi memasak menu makanan sehat bersama Kader Posyandu. Menu makanan yang dipilih adalah sosis solo yang berisi ayam suwir. Pemilihan menu makanan ini didasari oleh banyaknya kandungan vitamin dan mineral, termasuk zat besi, zinc, serta vitamin B12. Selain itu, menu tersebut sangat disukai oleh balita di Desa Sumberdawesari dan diharapkan dapat meningkatkan nafsu makan sehingga pemenuhan gizi balita dapat terpenuhi. 

Dokumen Pribadi KKN46




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline