Lihat ke Halaman Asli

KKN Suliki23

Universitas Andalas

Edukasi Sikat Gigi yang Benar oleh Mahasiswa KKN Unand di SDN 01 dan 02 Suliki

Diperbarui: 16 Agustus 2023   09:56

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumentasi kegiatan Edukasi Sikat Gigi yang Benar oleh mahasiswa KKN Unand 2023/Dokumentasi Pribadi

Oleh : Miftahul Rizka Amalia

Mahasiswa adalah insan yang memiliki jiwa pengabdian masyarakat. Salah satu langkah yang dapat diambil mahasiswa adalah dengan mengabdi  kepada masyarakat untuk meningkatkan derajat kesehatan, kegiatan ini dapat dimulai sejak dini melalui berbagai bentuk aplikasi karya dan bakti. Dalam hal ini, mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) program studi Pendidikan Dokter Gigi, Fakultas Kedokteran Gigi, Universitas Andalas melaksanakan edukasi kesehatan gigi mulut di SDN 01 Suliki pada tanggal 26 Juli 2023 dan dilaksanakan pada Rabu, 2 Agustus 2023 SDN 02 Suliki.

Program kerja ini dimulai pada pukul 07.20 dimulai dengan demonstrasi cara menyikat gigi yang benar menurut metode bass. Demostrasi dilakukan menggunakan alat peraga gigi dan menyanyikan lagu “Sikat Gigi dengan Benar” agar para siswa/i lebih tertarik dan mudah dalam melakukan tahap-tahap dari menyikat gigi dengan benar. Kemudian seluruh siswa/i diarahkan untuk sikat gigi bersama di lapangan. Sikat gigi bersama ini sudah menjadi kegiatan rutin pada kedua sekolah tersebut pada setiap hari Rabu.

Setelah sikat gigi bersama, seluruh siswa/i diarahkan kembali ke lapangan untuk mendapatkan edukasi tentang kesehatan gigi dan mulut. Edukasi ini berisi fakta kesehatan gigi yang beredar pada masyarakat, makanan yang tidak baik untuk kesehatan gigi, dan berbagai hal yang harus diperhatikan saat menyikat gigi. Untuk menguji pengetahuan atas edukasi yang diberikan, dilakukan juga sesi kuis dan akan diberikan hadiah berupa sikat gigi dan pasta gigi bagi yang mampu menjawab dengan benar.

Antusiasme seluruh siswa pada kegiatan ini cukup tinggi. Maka dari itu, kegiatan ini diharapkan siswa/i dari kedua sekolah tersebut sadar akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut, serta dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dalam kehidupan sehari-hari.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline