Lihat ke Halaman Asli

KKN Dukuhmencek 160

KKN Kolaboratif 3

Program KKN LIMARAN: Peduli Masyarakat, Cegah Pencemaran di Desa Dukuhmencek

Diperbarui: 5 September 2024   23:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Program Kerja Tempat Sampah Organik/dokpri

Desa Dukuhmencek, 20 Agustus 2024 - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kolaboratif #3 kelompok 160 Desa Dukuhmencek, telah berhasil menciptakan inovasi berupa tempat sampah organik untuk masyarakat desa setempat. Program ini bertujuan untuk mendukung upaya pengelolaan sampah yang lebih ramah lingkungan dan berkelanjutan.

 

Berdasarkan hasil wawancara dengan perangkat desa di Desa Dukuhmencek, para mahasiswa mengetahui permasalahan yang ada di desa tersebut, yaitu tidak adanya tempat pembuangan akhir untuk sampah. Masyarakat desa tersebut biasanya membakar sampah kering, namun untuk pengelolaan sampah basah seperti sisa-sisa makanan, daun, dan ranting masih menjadi persoalan. Untuk mengatasi masalah tersebut, mahasiswa KKN Kolaboratif #3 kelompok 160 mencetuskan ide pembuatan tempat sampah khusus organik.

Tempat Sampah Organik/dokpri

"Kami berharap dengan adanya tempat sampah organik ini dapat bermanfaat bagi kita bersama untuk mengurangi limbah" ujar Bagas, mahasiswa KKN yang menjadi penanggung jawab program kerja tempat sampah organik.

 

Tempat sampah organik ini dibuat dari tong sampah yang diberi lubang diberbagai sisi dan dikubur sehingga ketika masyarakat memasukkan limba organik kedalam tempat sampah, limbah organik tersebut dapat terurai dengan tanah dan menjadi pupuk kompos. Tempat sampah organik tersebut ditempatkan di area Perkebunan di dekat balai desa Dukuhmencek.

 

Sosialisasi Tempat Sampah Organik/dokpri

Sosialisasi Tempat Sampah Organik/dokpri

Sosialisasi Tempat Sampah Organik/dokpri

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline