Lihat ke Halaman Asli

KKN Soso2021

Akun KKN Universitas Negeri Malang Desa Soso Kecamatan Gandusari Kab. Blitar

Mahasiswa KKN UM Bantu Luncurkan Website Desa untuk Mengupayakan Masyarakat Melek Digital

Diperbarui: 20 Juli 2021   13:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokpri

Kemajuan teknologi dan informasi di era globalisasi membuat seluruh sistem jaringan informasi saat ini mengalami digitalisasi. Platform digital menjadi tempat utama paling strategis dalam penyampaian informasi, terlebih dalam isu-isu pemerintahan. 

Pihak pemerintah adalah yang pertama kali disorot dalam penyampaian informasi publik, tak terkecuali pemerintahan desa. Pada kenyataannya, pokok permasalahan yang ada yaitu minimnya akses informasi bagi warga desa itu sendiri. Padahal, kebutuhan akan akses informasi yang cepat dan akurat sangat diperlukan di era mordern sekarang ini, sehingga jarak bukan menjadi penghalang untuk mendapatkan informasi.

Berangkat dari permasalahan yang ada, Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Negeri Malang dengan menggandeng perangkat desa bersama melakukan perancangan Sistem Informasi Desa berbasis Website. Pembuatan website desa bertujuan untuk mempublikasikan informasi-informasi desa kepada masyarakat luas. 

Memberikan sebuah kemudahan masyarakat dalam mengenalkan produk unggulan desa ke masyarakat luar. Memberikan sebuah edukasi kepada masyarakat akan kebutuhan teknologi untuk bersaing di era digitalisasi. Sistem Informasi berbasis website yang dirancang berisi profil desa, struktur desa, pelayanan, data statistik, berita serta potensi desa yang ada. Selain itu, website desa berfungsi sebagai media branding Desa Soso sendiri.

Dokpri

Dokpri

Dalam pengelolaan dan optimalisasi website Desa Soso diserahkan pada Sekretaris Desa yang sudah menerima transfer teknologi berupa teknik dan manual managemen konten pengaturan dan cara unggah tulisan atau berita di website. Untuk lebih mengembangkan teknologi ini mahasiswa KKN UM menambahkan domain website desa.id sesuai anjuran pemerintah terkait pelayanan SID. 

Launching website desa (19, Juli 2021 pukul 11.00 wib) dengan tampilan terbaru ini dilengkapi dengan adanya fitur tambahan berupa e-pelayanan publik, fitur yang mengakomodir pembuatan surat online, informasi mengenai pelayanan administrasi dan keuangan resmi dari pemerintah pusat serta layanan kepuasan pengunjung yang dirancang personal oleh mahasiswa KKN UM diharapkan menjadikan website desa sebagai media informasi dan komunikasi yang mempermudah masyarakat dalam mendapatkan pelayanan yang cepat, adil dan efektif.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline