Lihat ke Halaman Asli

Siti Sarifah

Mahasiswa

Ikuti Perkembangan Teknologi, Mahasiswa KKN UNDIP Berikan Edukasi Digital Marketing dan Pelatihan Desain Menggunakan Canva

Diperbarui: 12 Agustus 2022   13:10

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dokpri

Kenoyojayan, Ambal, Kebumen (12/8). Tidak bisa dipungkiri, perkembangan teknologi saat ini begitu pesat dan mencakup berbagai aspek kehidupan, salah satunya ekonomi. Di masa pandemi covid-19 yang melanda seluruh penjuru dunia, masyarakat dituntut untuk terus kreatif dan inovatif dalam bertahan hidup dan memenuhi kebutuhannya. Namun, tidak sedikit masyarakat, dalam hal ini UMKM, yang belum melakukan inovasi dalam memasarkan produknya. Berdasarkan hal tersebut, Mahasiswa KKN Tim II Universitas Diponegoro memberikan edukasi mengenai Digital Marketing dan pelatihan desain menggunakan aplikasi sederhana sebagai upaya membuat konten yang berkualitas.

Sosialisasi dilaksanakan pada hari Sabtu, 6 Agustus 2022 di pertemuan rutin Kelompok Remaja "Generasi Mekar Damai", Desa Kenoyojayan. Kegiatan ini berupa edukasi terkait gambaran umum Digital Marketing seperti pengertian, jenis saluran media digital, indentifikasi pasar serta manfaat digital marketing. 

Dengan penyampaian hal tersebut diharapkan para remaja dapat mengenal gambaran umum Digital Marketing dengan baik. Setelah pembahasan terkait Digital Marketing, para remaja diajak untuk mengenal aplikasi Canva sebagai salah satu media desain. Pemilihan aplikasi ini karena tampilannya yang sederhana, bisa diakses melalui laptop ataupun handphone dan juga bisa diakses secara gratis. Mahasiwa KKN menyampaikan berbagai fitur yang tersedia dan juga beberapa cara penggunaannya baik melalui web ataupun android. Para remaja terlihat antusias dengan respon yang mereka berikan dan aktif dalam sesi tanya jawab.

dokpri

dokpri

Media yang digunakan dalam penyampaian materi adalah PPT dan Leaflet yang memuat informasi tentang Digital Marketing dan aplikasi Canva. Pemilihan Kelompok Remaja sebagai sasaran program karena remaja dapat lebih mudah menyerap sosialisasi dan pelatihan yang diberikan. Nantinya dari mereka akan menularkan ilmu yang telah diperoleh kepada teman-teman yang lain serta orang tua mereka sebagai pelaku UMKM. Penerapan Digital Marketing kepada UMKM ini diharapkan dapat meningkatkan penjualan mereka yang sebelumnya hanya berupa penjualan konvensional.

Pelaksanaan program ini sesuai dengan salah satu poin SDGs nomor 8 yaitu "Mendukung pertumbuhan ekonomi yang inklusif dan berkelanjutan, tenaga kerja penuh dan produktif dan pekerjaan yang layak bagi semua. Hal ini juga berkaitan erat dengan tema yang dibawa dalam pelaksanaan KKN Tim II Universitas Diponegoro Tahun 2021/2022 yaitu "Pemberdayaan Masyarakat berbasis SDGs".

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline