Lihat ke Halaman Asli

KKNSERUT152

KKN Kolaborasi Se-Jember 2023

[KKN-K Kelompok 152] Membentuk Generasi Lebih Awal Demi Kesuksesan Masa Depan

Diperbarui: 22 Agustus 2023   01:29

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sumber gambar : Dok. Pribadi

Generasi muda merupakan penerus yang dapat menjadi penentu masa depan. Bagaimana nasib kehidupan di tahun yang akan datang, dapat di lihat dari kualitas generasi di era sekarang. Dalam membentuk generasi yang baik dan hebat dapat di ciptakan dari beberapa faktor, seperti menjaga kesehatan dengan baik, memperhatikan jaringan bersosial,bahkan membentuk kepekaan ramah terhadap lingkungan.  Lantas mengapa lingkungan perlu di lestarikan? Dikarenakan dimana tempat kita berpijak menjadi penopang utama adanya kehidupan. Generasi yang hebat tanpa lingkungan yang sehat bukan lah hal yang seimbang. Ketika sebuah lingkungan terjaga, maka sudah di pastikan bahwa generasi yang hidup di atasnya memiliki kualitas yang tinggi. Pembentukan generasi yang berkualitas bisa di berikan di saat seseorang sudah mulai duduk dan mengemban pendidikan. Ketika berumur 16- 30 tahun, seseorang dalam masa pematangan dalam menjadi generasi muda yang siap dengan kualitasnya. Pemberian pengetahuan dapat di terapkan dari hal kecil seperti pekanya seseorang dalam menjaga lingkungan, kebersihan bumi, bahkan kebersihan atas dirinya sendiri. Oleh karena itu Mahasiswa KKN Kolaborasi Jember mengadakan sebuah kegiatan yang bertepat di SD Negeri Serut 2, yang terletak di Desa Serut Kecamatan Panti Kabupaten Jember Jawa Timur.

Sumber gambar : Dok. Pribadi

KKN Kolaborasi Jember tahun 2023 lagi lagi mengadakan sebuah kegiatan mengedukasi generasi muda dengan memberikan pengetahuan mengenai lingkungan, cara menjaga dan dampak yang di sebabkan apabila manusia tidak menjaga dengan baik lingkungannya. Selain informasi mengenai lingkungan, informasi juga berisikan kebersihan terhadap diri sendiri. Siswa siswi dari sekolah SD Negeri Serut 2 yang mengikuti kegiatan ini merupakan rekomendasi dari kepala sekolah, yakni siswa siswi dari kelas 5 dan 6 yang keseluruhan berjumlah 41 anak. Kegiatan yang di laksanakan mulai tanggal 18 agustus 2023 berjalan dengan lancar. Penyampaian edukasi kepada anak anak berlangsung menyenangkan, mulai dari memberikan pengertian serta penjelasan, di selingi dengan praktek mengenai kebersihan diri sendiri seperti menggosok gigi, dan mencuci tangan dengan baik dan benar. Pemahaman mengenai penyampaian edukasi kepada anak agar tidak membosankan, sehingga selama pemberian informasi juga ditampilkannya pemaparan vidio animasi . para siswa siswi sangatlah antusias menyimak pemberian informasi, terlihat dari semangat mereka ketika di beri pertanyaan, dan keberanian diri untuk unjuk diri kedepan kelas.

Sumber gambar : Dok. Pribadi

Selain pemberian edukasi kepada siswa siswi berupa materi, Mahasiswa KKN Kolaborasi juga memberikan edukasi dengan mengajak anak anak melakukan penanaman bersama. Kegiatan yang telah di setujui oleh kepala sekolah langsung di realisasikan di keesokan hari. Penanaman bunga dengan 2 jenis yang berbeda sejumlah 73 buah. Selain pemberian izin dari kepala sekolah, Mahasiswa KKN juga di permudah untuk melaksanakan kegiatan ini, karena kepala sekolah memberikan lahan sebagai lokasi penanaman.  Agar kondisi tetap kondusif maka para murid dibagi menjadi 4 kelompok, yang nantinya akan melakukan penanaman bersama secara bergiliran. Kegiatan yang berlangsung dari jam 8 pagi sampai jam 10 berjalan dengan lancar. Ucapan terimakasih juga di sampaikan oleh kepala sekolah kepada Mahasiswa KKN kolaborasi atas kunjungan serta kegiatan yang melibatkan sejumlah anak anak. Banyak harapan yang di lambungkan dari kegiatan yang telah terlaksana, seperti menjadikan generasi muda lebih peka dengan lingkungannya, serta menjadikan siswa siswi lebih paham mengenai arti generasi yang baik untuk kehidupan yang akan datang. Kegiatan di SD Negeri Serut 2 tak sampai disitu, namun Mahasiswa KKN Kolaborasi juga mempersiapkan papan yang berisikan kata motivasi yang diharapkan sebagai penambah pengetahuan anak dan agar memperindah lahan yang di gunakan sebagai lokasi penanaman.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline